YUSTIN FADHLIA RAHMAWATI (2024) IMPLEMENTASI PENGATURAN PEMERATAAN AKSES PENDIDIKAN DAERAH TERDEPAN, TERLUAR, TERTINGGAL (STUDI KASUS DESA NANGA BARAS KABUPATEN MANGGARAI TIMUR). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (251kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (94kB)
Bab I.pdf
Download (157kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (232kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (110kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (362kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (122kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (117kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (289kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Pengaturan pemerataan akses pendidikan di daerah 3T (Terdepan, Tertinggal, dan Terluar) hingga saat ini masih belum mampu teratasi oleh pemerintah seperti yang dialami oleh beberapa sekolah di Desa Nanga Baras, Kabupaten Manggarai Timur yang masih belum merasakan pelayanan pendidikan seperti sekolah-sekolah lain yang berada di perkotaan. Berbagai upaya dilakukan agar pendidikan merata diseluruh Indonesia termasuk di kabupaten Manggarai Timur. Maka diperlukan strategi atau kebijakan baru untuk mengatasi kesenjangan tersebut. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pengaturan penyelenggaraan layanan pendidikan di daerah 3T, bagaimana kondisi pendidikan di wilayah Manggarai Timur dan bagaimana implementasi pengaturan pemerataan akses pendidikan di daerah 3T khususnya di Desa Nanga Baras. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaturan penyelenggaraan layanan pendidikan di daerah 3T, kondisi pendidikan di wilayah Manggarai Timur dan implementasi pengaturan pemerataan akses pendidikan di daerah 3T khususnya di Desa Nanga Baras. Pengaturan Penelitian ini menggunakan metode pendekatan normatif. Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka terhadap bahan-bahan hukum primer, sekunder maupun tersier yang dilakukan dengan membaca, melihat, mendengarkan maupun menelusuri bahan hukum melalui media internet atau website. Analisis data yang penulis gunakan bersifat deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif terhadap data primer dan sekunder. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan diantaranya bahwa strategi yang dilakukan pemerintah dalam melakukan pemerataan akses pendidikan di daerah 3T belum mampu menyelesaikan ketimpangan pendidikan yang di alami oleh beberapa sekolah di Manggarai Timur dan penerapan pelayanan pendidikan di daerah 3T khususnya desa Nanga Baras belum sesuai dengan peraturan-peraturan yang ada.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Access to Education, 3T Region, East Manggarai |
Divisions: | Fakultas Hukum > Hukum S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 01:11 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 01:11 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46205 |