UJI AKTIVITAS EKSTRAK ETIL ASETAT PEGAGAN (CENTELLA ASIATICA L.) SEBAGAI AGEN ANTIKANKER DAN KO-KEMOTERAPI PADA SEL KANKER KOLON WIDR SECARA IN VITRO

DWI YULIA SAPUTRI (2024) UJI AKTIVITAS EKSTRAK ETIL ASETAT PEGAGAN (CENTELLA ASIATICA L.) SEBAGAI AGEN ANTIKANKER DAN KO-KEMOTERAPI PADA SEL KANKER KOLON WIDR SECARA IN VITRO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (699kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (922kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kejadian kanker kolon semakin meningkat dari tahun ke tahun. Jumlah kematiannya pun meningkat. Pengobatan kanker yang digunakan saat ini yaitu kemoterapi dipercaya masih menimbulkan efek samping yang cukup berat. Diperlukan pengobatan alternatif yang dapat mengurangi efek samping dari kemoterapi tersebut dan dapat bersifat kemopreventif. Pegagan (Centella asiaticaL.) diketahui memiliki aktivitas sebagai antikanker. Pada penelitian sebelumnya telah diteliti bahwa pegagan mengandung beberapa senyawa seperti asiaticoside, madecassic acid, aciatic acid yang bersifat sebagai antikanker. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antikanker dan ko-kemoterapi pada Ekstrak Etil Asetat Pegagan (EEAP) terhadap sel kanker kolon WiDr.Ekstraksi serbuk pegagan (Centella asiatica L.) dilakukan dengan metode maserasi dan menggunakan pelarut ekstrak etil asetat. Setelah 5 hari maserasi, dilakukan remaserasi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Ekstrak kental pegagan diperoleh setelah dilakukan penguapan menggunakan rotary evaporatordan pengentalan ekstrak menggunakan waterbath. Untuk mengetahui aktivitas sitotoksik EEAP pada sel WiDr dilakukan uji menggunakan metode MTT Assaydengan obat Oxaliplatin sebagai pembanding dan juga sebagai kombinasi. Pada uji sitotoksik dilakukan dengan beberapa konsentrasi EEAP dan Oxaliplatin yang berbeda terhadap sel WiDr. Dan pada uji kombinasi dilakukan dengan cara mengkombinasikan EEAP dan Oxaliplatin dengan beberapa varian konsentrasi. Hasil uji sitotoksik MTT Assay dilihat pada perolehan nilai IC50 dan pada uji kombinasi dilihat pada nilai Combination Index.Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh ekstrak kental dari EEAP sebanyak 14,460 gram dan rendemen yang diperoleh yaitu sebesar 2,89%. Berdasarkan uji MTT Assay, EEAP memiliki aktivitas sitotoksik moderat pada sel WiDr dengan nilai IC50 sebesar 113,74 µg/ml. Pada uji kombinasi, diperolah nilai Combination Index EEAP dengan Oxaliplatin sebesar 0,37 µg/ml yang menunjukkan efek sinergis. Penelitian ini menunjukkan EEAP berpotensi sebagai agen sitotoksik dan dapat dijadikan sebagai agen kemopreventif khususnya pada sel kanker kolon WiDr.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Centella asiatica L, Co-Chemotherapy, MTT Assay, Oxaliplatin, WiDr cells
Divisions: Fakultas Kedokteran > Farmasi S1
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 05 Jun 2024 07:21
Last Modified: 05 Jun 2024 07:21
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46227

Actions (login required)

View Item
View Item