HESTININGTIYAS (2024) THE IMPLEMENTATION OF MAKE A MATCH GAME AS A MEDIA TO IMPROVE ENGLISH VOCABULARY MASTERY OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS: AN EXPERIMENTAL STUDY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (335kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (297kB)
Bab I.pdf
Download (320kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (348kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (535kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (476kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (296kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (426kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (464kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Untuk mengatasi masalah kurangnya penguasaan kosakata siswa, peneliti menggunakan Make a Match Game. Make a Match Game adalah cara belajar dengan menggunakan kartu dan terdiri dari kartu dengan pertanyaan di satu sisi dan jawaban pertanyaan di sisi lain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa SMP yang berlokasi di Purwodadi, Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain pra-eksperimental. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes penguasaan kosakata untuk mengukur penguasaan kosakata siswa mengenai kata benda, kata sifat, dan derajat perbandingan yang terdiri dari 15 soal pilihan ganda. Peneliti melakukan pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan penguasaan kosakata siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP yang berada di Purwodadi Jawa Tengah. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 46 siswa dan sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 23 siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata tingkat kosakata siswa pada pretest adalah 66,65 dan tergolong dalam kategori rata-rata. Sedangkan nilai posttest sebesar 84,00 tergolong kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji berpasangan sampel t-test, nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi (0,000 < 0,05). Dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest, serta terdapat perubahan hasil tes yang signifikan, H1 dianggap dapat diterima. Oleh karena itu, penerapan Make a Match Game dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa karena permainan tersebut efektif, menarik bagi siswa dan dapat memudahkan siswa dalam mengingat kosakata yang dipelajarinya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Make a Match Game, Learning Vocabulary, Improving Vocabulary, Vocabulary Mastery |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 07:19 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 07:19 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46229 |