CREATIVE STRATEGY OF PRODUCER OF LEYEH-LEYEH PROGRAM WITH DOLAN-DOLAN THEME RBTV JOGJA IN MAINTAINING REGIONAL CULTURAL IDENTITY

MIFTAKHUL ULUM (2024) CREATIVE STRATEGY OF PRODUCER OF LEYEH-LEYEH PROGRAM WITH DOLAN-DOLAN THEME RBTV JOGJA IN MAINTAINING REGIONAL CULTURAL IDENTITY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bukti Sumbangan Buku Wisudawan] Text (Bukti Sumbangan Buku Wisudawan)
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[thumbnail of Letter of Accepted] Text (Letter of Accepted)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[thumbnail of Artikel Jurnal] Text (Artikel Jurnal)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)

Abstract

Program leyeh-leyeh dengan tema dolan-dolan merupakan program variety show bermuatan lokal yang berisikan seni budaya, ekonomi kreatif, pariwisata, produk unggulan dan potensi daerah sebagai salah satu upaya yang dilakukan untuk membentuk citra TV lokal dan sekaligus menguatkan identitas budaya daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tentang strategi kreatif yang diterapkan oleh produser program leyeh-leyeh dengan tema dolan dolan RBTV Jogja dalam mempertahankan identitas budaya daerah melalui 13 elemen strategi kreatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman, Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan terdapat elemen strategi kreatif yang digunakan produser program leyeh-leyeh rbtv jogja dalam mempertahankan identitas budaya daerah. Elemen strategi kreatif yang diterapkan oleh produser yaitu target penonton, bahasa naskah, format acara, punching line, gimmick, clip hanger, time dan bumper, penata artistik, music dan fashion, logo dan music track. Bahasa naskah, format acara, music dan fashion adalah elemen yang paling khas. Fashion dalam leyeh-leyeh dolan dolan RBTV Jogja yaitu busana adat Jawa dan music menggunakan music yang berbahasa jawa sedangkan format acara yang digunakan yiatu variety show ditambah dengan komedi dalam bahasa jawa. Hal tersebut menunjukkan bahwa program leyeh-leyeh yang bertemakan dolan-dolan mengangkat budaya lokal dalam mempertahankan identitas budaya daerah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Creative strategy, producer, regional cultural identity
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 05 Jun 2024 07:16
Last Modified: 05 Jun 2024 07:16
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46231

Actions (login required)

View Item
View Item