PERTANGGUNGJAWABAN NEGARA TERHADAP GAGALNYA PERLINDUNGAN PEJABAT DIPLOMATIK ITALIA UNTUKREPUBLIK DEMOKTRATIK KONGO (STUDI KASUS PENEMBAKAN DUTA BESAR ITALIA UNTUK REPUBLIK DEMOKRATIK KONGO TAHUN 2021)

IZZAH SALSABILA (2024) PERTANGGUNGJAWABAN NEGARA TERHADAP GAGALNYA PERLINDUNGAN PEJABAT DIPLOMATIK ITALIA UNTUKREPUBLIK DEMOKTRATIK KONGO (STUDI KASUS PENEMBAKAN DUTA BESAR ITALIA UNTUK REPUBLIK DEMOKRATIK KONGO TAHUN 2021). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (592kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada adanya pelanggaran terhadap aturan perlindungan yang harus diberikan kepada pejabat atau petugas diplomatik. Di banyak negara, sering terjadi insiden penyerangan terhadap pejabat diplomatik, yang menyebabkan luka hingga kematian. Salah satu insiden yang banyak menarik perhatian dunia adalah penyerangan yang menewaskan pejabat diplomatik Italia untuk Republik Demokratik Kongo, Luca Attanasio, pada tahun 2021. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif, berfokus pada norma, peraturan, dan asas hukum positif dari perundangan, perjanjian, serta doktrin. Data yang digunakan adalah data sekunder yang terdiri dari literatur yang dikelompokkan menjadi Bahan Hukum Primer, Sekunder, dan Tersier. Pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka terhadap bahan hukum primer, sekunder, dan tersier dengan membaca, meneliti, serta mencari informasi melalui internet. Data yang dikumpulkan kemudian diolah secara logis, sistematis, dan yuridis, sehingga terdapat hubungan dan keterkaitan antar bahan hukum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penembakan terhadap Duta Besar Italia saat bertugas menyebabkan hubungan antara Italia dan Republik Demokratik Kongo (RDK) menjadi tegang. Italia sangat dirugikan oleh kejadian ini dan kelalaian RDK dalam melindungi duta besar yang bertugas di wilayahnya menyebabkan Italia berhak atas ganti rugi. Tanggung jawab negara dalam hal ini sangat terkait dengan pelaksanaan kewajiban dalam Hukum Internasional, yang berarti negara yang dirugikan berhak mendapatkan ganti rugi. Tanggung jawab dalam Hukum Internasional juga erat kaitannya dengan yurisdiksi negara. Berdasarkan hasil penelitian, Republik Demokratik Kongo (RDK) sebagai negara penerima, tempat Duta Besar Italia menjalankan tugas, berkewajiban memberikan pertanggungjawaban kepada Italia sebagai negara pengirim. Pelanggaran terhadap hak kekebalan diplomatik adalah tindakan yang melanggar norma hukum internasional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Diplomatic, Relations Between Countries, Diplomatic Officials, Legal Protection, State Accountability
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum S1
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 10 Jun 2024 07:37
Last Modified: 10 Jun 2024 07:37
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46253

Actions (login required)

View Item
View Item