AUDIENCE RECEPTION TO THE CREATIVITY AND HUMOR ELEMENT IN THE SASA ADVERTISEMENT "PERSEMBAHAN TERBAIK DARI SASA OMEGA 3"

ARUM WIQOYATI (2024) AUDIENCE RECEPTION TO THE CREATIVITY AND HUMOR ELEMENT IN THE SASA ADVERTISEMENT "PERSEMBAHAN TERBAIK DARI SASA OMEGA 3". S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bukti Sumbangan Buku Wisudawan] Text (Bukti Sumbangan Buku Wisudawan)
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[thumbnail of Letter of Accepted] Text (Letter of Accepted)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[thumbnail of Artikel Jurnal] Text (Artikel Jurnal)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)

Abstract

Humor adalah hal yang sangat familiar dalam kehidupan sehari- hari. Humor mempunyai peran yang cukup signifikan di kehidupan masyarakat Indonesia sehari- hari. Ini dapat dilihat dalam berbagai konteks dan bentuk dalam komunikasi sehari- hari, media, hiburan, dan iklan. Kreatviitas dan unsur humor dalam iklan di Indonesia mencerminkan pendekatan yang beragam dan unik dalam menciptakan kampanye yang menarik perhatian audiens. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan bagaimana penerimaan penonton terhadap kreativitas dan unsur humor pada iklan Sasa "Persembahan Terbaik dari Sasa Omega 3". Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif menggunakan analisis resepsi. Peneliti membagi informan menjadi tiga posisi berdasarkan Stuart Hall : dominan hegemoni, negosiasi, dan oposisi. Peneliti melakukan wawancara mendalam terhadap empat orang informan dan memperoleh hasil yang beragam, dipengaruhi oleh perbedaan latar belakang diantara berbagai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tema kreativitas, terdapat dua informan pada posisi dominan hegemoni, satu informan pada posisi negosiasi, dan satu informan pada posisi oposisi. sedangkan pada tema unsur humor, terdapat tiga informan pada posisi dominan hegmoni dan satu informan pada posisi negosiasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: element humor, advertising, creativity, reception
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 02 Jul 2024 09:39
Last Modified: 02 Jul 2024 09:39
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46285

Actions (login required)

View Item
View Item