TAUFIK UNGKE (2024) THE USE OF VIDEO MEDIA TO IMPROVE STUDENTS' LISTENING SKILLS IN SMP NEGERI ADOW OF SOUTH BOLAANG MONGONDOW DISTRICT, NORTH SULAWESI PROVINCE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (468kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (352kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (49kB)
Bab I.pdf
Download (98kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (143kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (132kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (232kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (63kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (174kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (511kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (467kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Video YouTube memiliki dampak yang baik terhadap pembelajaran, khususnya dalam mengajar Bahasa Inggris, karena dapat meningkatkan perhatian siswa dan menurunkan persepsi mereka tentang kesulitan mata pelajaran tersebut. SMP Negeri Adow di Kecamatan Pinolosian Tengah, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Provinsi Sulawesi Utara masih mengalami berbagai masalah dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Oleh karena itu, guru harus dapat menerapkan strategi pembelajaran dan media yang relevan dengan zaman dan perkembangan teknologi. Video sebagai media yang tepat dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan bahasa Inggris dan meningkatkan keterampilan mendengarkan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui keterampilan mendengarkan siswa SMP Negeri Adow pada pre-test; 2) mengetahui keterampilan mendengarkan siswa SMP Negeri Adow pada post-test; 3) mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test siswa SMP Negeri Adow. Penelitian ini menggunakan Desain Eksperimen Pretest-Posttest. Perlakuan dalam penelitian ini adalah pembelajaran mendengarkan menggunakan media video. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mendengarkan siswa SMP Negeri Adow pada pre-test sangat rendah sebagaimana ditunjukkan oleh skor rata-rata hasil tes sebesar 5.15. Kemampuan mendengarkan siswa SMP Negeri Adow pada post-test sangat baik sebagaimana ditunjukkan oleh skor rata-rata hasil tes sebesar 8.72. Ada perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test siswa SMP Negeri Adow (0.000), di mana hasil tes keterampilan mendengarkan siswa setelah melakukan pembelajaran menggunakan video sangat baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | students' listening skills, youtube videos, learning impact, english language skills, video media |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 09:33 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 09:33 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46288 |