YULIANA (2024) ENGLISH TEACHERS' PERCEPTION ON CHALLENGES AND STRATEGIES DURING TEACHING ENGLISH ENGLISH FOR YOUNG LEARNERS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (433kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (108kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (50kB)
Bab I.pdf
Download (119kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (201kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (117kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (206kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (99kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (167kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (107kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (354kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (749kB)
Abstract
Mengajarkan bahasa Inggris kepada pelajar muda menghadirkan tantangan unik, khususnya dalam konteks budaya yang beragam seperti Yogyakarta. Studi kualitatif ini berfokus pada analisis persepsi guru bahasa Inggris terhadap tantangan-tantangan ini dan strategi yang mereka terapkan untuk mengatasinya. Dilakukan di beberapa sekolah dasar di mana bahasa Inggris diajarkan sebagai kegiatan ekstrakurikuler, penelitian ini menyelidiki sifat pengajaran bahasa Inggris yang memiliki banyak aspek bagi pelajar muda yang rentan secara emosional dan cenderung berperilaku main-main. Berdasarkan hasil, peneliti mengidentifikasi beberapa tantangan utama yang dihadapi guru. Diketahui bahwa memotivasi dan melibatkan siswa, mengelola kelompok usia yang beragam, memilih strategi pengajaran yang efektif, menyeimbangkan cakupan materi dengan pembelajaran yang menyenangkan, dan mengatasi perbedaan individu merupakan tantangan yang signifikan. Untuk mengatasi tantangan ini, guru mengadopsi pendekatan yang disesuaikan dan fleksibel. Mereka memanfaatkan permainan interaktif, musik, dan elemen multimedia untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan mengakomodasi gaya belajar yang beragam. Dengan menggabungkan contoh-contoh dunia nyata dan penerapan bahasa praktis, mereka bertujuan untuk menunjukkan manfaat nyata dari kemahiran berbahasa. Selain itu, guru menekankan inklusivitas dan metode pengajaran yang dipersonalisasi. Mereka berusaha untuk menumbuhkan lingkungan yang menghormati dan merayakan karakteristik unik setiap siswa, meningkatkan rasa memiliki dan motivasi. Penelitian ini menggarisbawahi kemampuan beradaptasi dan tanggap guru terhadap kebutuhan siswa. Dengan mengintegrasikan metode interaktif dan strategi yang disesuaikan, mereka meningkatkan pengalaman belajar. Temuan-temuan ini tidak hanya memberikan masukan bagi para guru bahasa Inggris di Yogyakarta namun juga memiliki implikasi yang lebih luas bagi para pendidik secara global, menyoroti tantangan-tantangan universal dalam pengajaran bahasa bagi pelajar muda.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | English teaching, young learners, challenges, strategies |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 04 Jul 2024 03:25 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 03:25 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46339 |