PENGARUH PROMOSI IKLAN, PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN ELEKTRONIK DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP CITRA MEREK DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE (STUDI PADA PENGGUNA SHOPEE DI KABUPATEN KLATEN)

DIANA INDAH PRAMISTI KUSUMANINGTYAS (2024) PENGARUH PROMOSI IKLAN, PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN ELEKTRONIK DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP CITRA MEREK DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE (STUDI PADA PENGGUNA SHOPEE DI KABUPATEN KLATEN). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (939kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (388kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi iklan, persepsi kualitas pelayanan elektronik dan electronic word of mouth terhadap citra merek dan keputusan pembelian. Objek pada penelitian ini adalah marketplace Shopee. Sedangkan subjeknya adalah pengguna Shopee di kabupaten Klaten yang memenuhi lima kriteria untuk dijadikan responden. Penelitian ini menggunakan sampel sejumlah 207 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling dengan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modeling) dengan menggunakan software AMOS (Analysis of Moment Structure).Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa promosi iklan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap citra merek, persepsi kualitas pelayanan elektronik berpengaruh secara positif dan tidak signifikan terhadap citra merek, electronic word of mouth berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap citra merek. Promosi iklan berpengaruh secara positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, persepsi kualitas pelayanan elektronik berpengaruh secara positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, electronic word of mouth berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, citra merek berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Citra merek berperan memediasi promosi iklan dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian. Akan tetapi citra merek tidak dapat berperan memediasi persepsi kualitas pelayanan elektronik terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: advertising promotion, perception of electronic service quality, electronic word of mouth, brand image and purchasing decisions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 12 Jul 2024 04:19
Last Modified: 12 Jul 2024 08:04
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46393

Actions (login required)

View Item
View Item