SIGIT PRANOTO UTOMO (2024) ANALISIS DAMPAK AKTIVITAS PARKIR TOSERBA JADI BARU TERHADAP KINERJA RUAS JALAN KUSUMA KEBUMEN MENGGUNAKAN METODE MKJI 1997 DAN PEMODELAN VISSIM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (831kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (689kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (910kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (766kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Aktivitas parkir Toserba Jadi Baru merupakan salah satu tempat perbelanjaan di daerah Kebumen yang memiliki volume aktivitas kendaraan keluar masuk yang cukup padat. Ini dikarenakan banyaknya kebutuhan baik primer maupun sekunder yang harus dipenuhi oleh masyarakat, hal ini menyebabkan membludaknya pengunjung pada Toserba Jadi Baru yang mana cukup berpengaruh pada kinerja ruas jalan Kusuma. Penelitian ini bertujuan menganalisa dampak dari aktivitas parkir Toserba Jadi Baru terhadap kinerja dari ruas jalan Kusuma. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan penelitian simpang tak bersinyal MKJI 1997 dan software VISSIM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai tingkat pelayanan pada ruas jalan Kusuma. Hasil Analisa menggunakan MKJI 1997 didapat nilai kinerja simpang, tundaan, panjang antrian dan derajat kejenuhan dengan syarat (DS ? 0,85). Sedangkan hasil Analisa software VISSIM. Setelah dilakukan Analisa dan pemodelan simpang didapatkan hasil berupa DS 0,27 peluang antrian 4,37%. Dari hasil ini alternatif solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan tetap menjaga rendahnya nilai derajat kejenuhan seperti dengan penerapan rambu dilarang berhenti, penempatan petugas pada pintu keluar masuk area parkir Toserba Jadi Baru, penertiban parkir liar didepan area Toserba Jadi Baru agar lebar efektif ruas jala Kusuma digunakan sebagai mana mestinya.
Dosen Pembimbing: | Wahyu Widodo, Ir., M.T. | NIDN0028116301 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Intersection Performance, Unsignalized Intersection, Road Section, MKJI 1997, VISSIM |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 06:18 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 06:18 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46466 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |