SIGIT PRANOTO UTOMO (2024) ANALISIS DAMPAK AKTIVITAS PARKIR TOSERBA JADI BARU TERHADAP KINERJA RUAS JALAN KUSUMA KEBUMEN MENGGUNAKAN METODE MKJI 1997 DAN PEMODELAN VISSIM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (2MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (214kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (831kB)
Bab I.pdf
Download (689kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (910kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (766kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (624kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Aktivitas parkir Toserba Jadi Baru merupakan salah satu tempat perbelanjaan di daerah Kebumen yang memiliki volume aktivitas kendaraan keluar masuk yang cukup padat. Ini dikarenakan banyaknya kebutuhan baik primer maupun sekunder yang harus dipenuhi oleh masyarakat, hal ini menyebabkan membludaknya pengunjung pada Toserba Jadi Baru yang mana cukup berpengaruh pada kinerja ruas jalan Kusuma. Penelitian ini bertujuan menganalisa dampak dari aktivitas parkir Toserba Jadi Baru terhadap kinerja dari ruas jalan Kusuma. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan penelitian simpang tak bersinyal MKJI 1997 dan software VISSIM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai tingkat pelayanan pada ruas jalan Kusuma. Hasil Analisa menggunakan MKJI 1997 didapat nilai kinerja simpang, tundaan, panjang antrian dan derajat kejenuhan dengan syarat (DS ? 0,85). Sedangkan hasil Analisa software VISSIM. Setelah dilakukan Analisa dan pemodelan simpang didapatkan hasil berupa DS 0,27 peluang antrian 4,37%. Dari hasil ini alternatif solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan tetap menjaga rendahnya nilai derajat kejenuhan seperti dengan penerapan rambu dilarang berhenti, penempatan petugas pada pintu keluar masuk area parkir Toserba Jadi Baru, penertiban parkir liar didepan area Toserba Jadi Baru agar lebar efektif ruas jala Kusuma digunakan sebagai mana mestinya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Intersection Performance, Unsignalized Intersection, Road Section, MKJI 1997, VISSIM |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 06:18 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 06:18 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46466 |