SABELLA AYU NINGRUM (2024) THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS ATTITUDE TOWARDS JIGSAW TECHNIQUE IN EFL CLASSROOM AND STUDENTS SPEAKING PERFORMANCE. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (410kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (432kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (90kB)
Bab I.pdf
Download (86kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (147kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (348kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (193kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (71kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (83kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (137kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (289kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Dalam pembelajaran bahasa Inggris terutama dalam kelas berbicara, teknik pengajaran dapat mempengaruhi latihan berbicara siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan korelasi antara sikap siswa terhadap implementasi teknik jigsaw di kelas bahasa Inggris sebagai bahasa asing dan kinerja berbicara siswa. Sampel penelitian ini adalah 26 siswa dari sebuah universitas swasta di Yogyakarta angkatan 2022. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan desain korelasional. Peneliti menggunakan kuesioner tentang sikap siswa terhadap implementasi teknik jigsaw serta meminta dokumen nilai berbicara siswa. Hasil dari kuesioner menunjukkan nilai rata-rata sebesar 3.60 (M=3.60, S.D=0.4707). Hasil kinerja berbicara siswa adalah 11.32 (M=11.32, S.D=1.78). Nilai signifikansi hasil penelitian adalah 0.000 (<0.05), menunjukkan adanya korelasi yang signifikan. Hasil juga menunjukkan bahwa koefisien korelasi adalah 0.778, menunjukkan adanya korelasi positif dan kuat antara sikap siswa terhadap implementasi teknik jigsaw di kelas bahasa Inggris sebagai bahasa asing dan kinerja berbicara siswa. Hipotesis alternatif (H1) bahwa terdapat korelasi antara sikap siswa terhadap implementasi teknik jigsaw di kelas bahasa Inggris sebagai bahasa asing dan kinerja berbicara siswa diterima. Hal ini menunjukkan bahwa sikap positif siswa terhadap teknik jigsaw diikuti dengan kategori tinggi dalam kinerja berbicara siswa.
Item Type: | Thesis (D3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Correlational design, ELED students� attitude, Jigsaw technique, Quantitative method, Speaking performance. |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 07:47 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 07:26 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46469 |