PERAN SELEBRITI DALAM ADVOKASI PERUBAHAN IKLIM TRANSNASIONAL

RAIHAN SEPTA DININTA (2024) PERAN SELEBRITI DALAM ADVOKASI PERUBAHAN IKLIM TRANSNASIONAL. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (784kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (708kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Media sosial telah menjadi platform yang penting untuk membangun relasi dengan masyarakat global. Dalam konteks masyarakat modern, individu tertentu, khususnya selebriti, memperoleh keunggulan signifikan atas reputasi yang mereka bangun melalui media sosial. Mereka dapat dengan mudah menghubungkan diri dengan penggemar dan populasi global untuk mendukung berbagai gerakan sosial, termasuk isu perubahan iklim. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak dukungan yang diberikan oleh selebriti terhadap isu perubahan iklim, dengan fokus pada pentingnya melibatkan mereka sebagai strategi inovatif dalam mengatasi tantangan ini. Pendekatan teori "Transnational Advocacy Networks" digunakan untuk memperkuat tulisan ini, karena TANs sesuai dengan strategi dan pendekatan yang dapat diadopsi oleh selebriti sebagai aktor non-negara. Studi ini menggunakan metodologi kualitatif, khususnya analisis literatur yang mendalam. Data dikumpulkan dari sumber-sumber terpercaya seperti artikel yang terindeks Scopus dan media berita terpercaya. Selebriti dengan profil publik yang kuat, posisi sosial yang tinggi, serta jaringan yang luas, memiliki potensi signifikan untuk meningkatkan kesadaran dan mempromosikan tujuan perubahan iklim melalui dukungan mereka. Upaya-upaya ini termasuk memberikan pidato di forum global dan konferensi internasional, memanfaatkan media sosial untuk memobilisasi komunitas global, mengajak selebriti lainnya untuk mendukung inisiatif lingkungan, dan mengorganisir konser dengan jejak karbon rendah di berbagai belahan dunia. Beberapa tokoh terkenal yang secara terbuka mendukung upaya-upaya untuk mengatasi perubahan iklim meliputi Leonardo DiCaprio, Barack Obama, dan Coldplay.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: Celebrity, Climate Change, Awareness, Transnational Advocacy Networks
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Hubungan Internasional S2
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:47
Last Modified: 11 Jul 2024 07:47
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46473

Actions (login required)

View Item
View Item