AN INTEGRATED MODEL OF WORKPLACE SPIRITUALITY: THE PAST, PRESENT AND FUTURE - A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

BUDIMAN AL IMAN (2024) AN INTEGRATED MODEL OF WORKPLACE SPIRITUALITY: THE PAST, PRESENT AND FUTURE - A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. S3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bukti Sumbangan Buku Wisudawan] Text (Bukti Sumbangan Buku Wisudawan)
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[thumbnail of Letter of Accepted] Text (Letter of Accepted)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[thumbnail of Artikel Jurnal] Text (Artikel Jurnal)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)

Abstract

LATAR BELAKANG: Karena sifat pekerjaan yang terus berubah, spiritualitas di tempat kerja (WPS) telah menarik lebih banyak perhatian dalam beberapa tahun terakhir dari penelitian, organisasi, dan sektor publik dan swasta. Organisasi berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan dan kepuasan kerja secara umum sambil mengembangkan rasa kebersamaan di tempat kerja melalui pengembangan WPS. TUJUAN: Penelitian ini bertujuan untuk menilai literatur tentang WPS dalam upaya memberikan perspektif yang lebih luas mengenai dampak spiritualitas di tempat kerja untuk memperkuat dan memahami bagaimana spiritualitas individu atau kolektif diintegrasikan dan diwujudkan di tempat kerja. METODE: Literatur ditinjau antara tahun 1994-2022 (termasuk artikel yang diterbitkan online pada tahun 2023) dan metode deduktif digunakan. HASIL: Sebagai kontribusi baru dan signifikan terhadap pengetahuan dalam penelitian ini, menjaga lingkungan kerja yang berbeda dapat membantu meningkatkan komitmen kerja (simpati, perhatian, pekerjaan yang signifikan). Praktik sumber daya manusia harus mempertimbangkan untuk memasukkan kontemplasi kepedulian sebagai program pengembangan individu yang menghasilkan peningkatan empati terhadap orang lain untuk mendukung kepedulian dan simpati di tempat kerja. WPS berpusat pada gagasan humanistik para perwakilan di lingkungan kerja mengenai bagaimana mereka merasakan rasa kebersamaan yang berarti kepuasan dan keteraturan dengan lingkungan kerja. Ada tiga cara untuk melihat WPS: individual, otoritatif, dan intuitif. KESIMPULAN: Penelitian ini memiliki kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan dan pengembangan pengetahuan. Pendekatan pengembangan program spiritualitas dalam suatu organisasi dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan prestasi bisnis dan keunggulan kompetitif. Model ini mempunyai beberapa implikasi terhadap manajemen organisasi dimana program spiritualitas internal diinginkan. Penelitian di masa depan dan penelitian tambahan mengenai penilaian model dengan topik yang sama sangat disarankan.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Workplace environment, working conditions, human resources, organizational behavior, empathy, self-compassion, mindfulness, spiritualities
Divisions: Program Doktor > Manajemen S3
Depositing User: Bima
Date Deposited: 16 Jul 2024 06:23
Last Modified: 16 Jul 2024 06:23
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46520

Actions (login required)

View Item
View Item