YULI SETYANINGSIH (2024) THE USE OF ENGLISH NURSERY RHYMES TO IMPROVE VOCABULARY MASTERY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (311kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (452kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (15kB)
Bab I.pdf
Download (24kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (119kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (228kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (221kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (32kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (177kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (439kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (279kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
English nursery rhymes adalah lagu-lagu yang memiliki melodi yang mudah diingat, irama yang menghibur, lirik sederhana, dan populer di kalangan anak-anak. English nursery rhymes membantu anak-anak mempelajari berbagai hal dengan cara yang menyenangkan, termasuk kosakata bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan English nursery rhymes dapat membantu siswa meningkatkan penguasaan kosakata atau tidak. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimental. Penelitian ini dilakukan di kelas IV di salah satu sekolah dasar di Yogyakarta. Data dikumpulkan dari pre-test dan post-test yang diberikan kepada siswa. Peserta penelitian ini berjumlah 43 siswa yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Perlakuan yang diberikan oleh peneliti kepada kelompok eksperimen adalah dengan menerapkan English nursery rhymes dalam pembelajaran bahasa Inggris namun kelompok kontrol tidak mendapatkan perlakuan English nursery rhymes. Selain itu, temuan penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan penguasaan kosakata yang signifikan. Skor rata-rata kelas eksperimen meningkat dari 65,45 pada pre-test menjadi 91,45 pada post-test. Skor rata-rata kelas kontrol menurun dari 60,05 pada pre-test menjadi 54,29 pada post-test. Hasil analisis statistik uji-t kelompok eksperimen pada post-test menunjukkan bahwa nilai hitungan=3,395 lebih tinggi dari t tabel = 2,222 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya penggunaan English nursery rhymes signifikan dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | English nursery rhymes, vocabulary mastery, English learning, Quasi experimental |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 07:07 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 07:07 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46580 |