PERSEPSI PASIEN RAWAT JALAN KLINIK PENYAKIT DALAM RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL BERDASAR SEMBILAN UNSUR BAURAN PEMASARAN

NURZAHRA VIANISA (2024) PERSEPSI PASIEN RAWAT JALAN KLINIK PENYAKIT DALAM RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL BERDASAR SEMBILAN UNSUR BAURAN PEMASARAN. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (372kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang : Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul merupakan rumah sakit milik pemerintah yang memiliki pelayanan rawat jalan penyakit dalam dengan jumlah kunjungan terbanyak dibandingkan klinik rawat jalan lain di RSUD Panembahan Senopati Bantul, namun mengalami penurunan nilai indeks kepuasan masyarakat. Persepsi pasien yang tinggi menggambarkan bauran pemasaran yang baik dari rumah sakit.
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan persepsi pasien terhadap sembilan unsur bauran pemasaran di klinik penyakit dalam RSUD Panembahan Senopati Bantul.
Metode : Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan metode cross sectional. Jumlah responden adalah 110 pasien yang yang ditemui di lapangan, dengan tekhnik convenience sampling. Jenis data menggunakan kuesioner dengan pilihan Likert.
Hasil : Persepsi pasien rawat jalan Klinik Penyakit Dalam RSUD Panembahan Senopati Bantul terhadap bauran pemasaran mayoritas baik dengan presentase pada unsur product (99%%), place (99%%), promotion (98,2%), people (99%), , process (100%) dan performance (88,2%), price (94,5%) dan power (93,6%). Persepsi pasien kurang baik pada unsur physical evidence (39%%).
Kesimpulan : Persepsi pasien rawat jalan Klinik Penyakit Dalam terhadap unsur bauran pemasaran mayoritas baik pada unsur product, place, promotion,people, process, performance, price, dan power.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Marketing mix, Perception, Outpatient
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Bima
Date Deposited: 30 Jul 2024 07:18
Last Modified: 30 Jul 2024 07:18
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46588

Actions (login required)

View Item
View Item