NURZAHRA VIANISA (2024) PERSEPSI PASIEN RAWAT JALAN KLINIK PENYAKIT DALAM RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL BERDASAR SEMBILAN UNSUR BAURAN PEMASARAN. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (372kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (344kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (91kB)
Bab I.pdf
Download (100kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (219kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (158kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (564kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (36kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (104kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (377kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Latar belakang : Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul merupakan rumah sakit milik pemerintah yang memiliki pelayanan rawat jalan penyakit dalam dengan jumlah kunjungan terbanyak dibandingkan klinik rawat jalan lain di RSUD Panembahan Senopati Bantul, namun mengalami penurunan nilai indeks kepuasan masyarakat. Persepsi pasien yang tinggi menggambarkan bauran pemasaran yang baik dari rumah sakit.
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan persepsi pasien terhadap sembilan unsur bauran pemasaran di klinik penyakit dalam RSUD Panembahan Senopati Bantul.
Metode : Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan metode cross sectional. Jumlah responden adalah 110 pasien yang yang ditemui di lapangan, dengan tekhnik convenience sampling. Jenis data menggunakan kuesioner dengan pilihan Likert.
Hasil : Persepsi pasien rawat jalan Klinik Penyakit Dalam RSUD Panembahan Senopati Bantul terhadap bauran pemasaran mayoritas baik dengan presentase pada unsur product (99%%), place (99%%), promotion (98,2%), people (99%), , process (100%) dan performance (88,2%), price (94,5%) dan power (93,6%). Persepsi pasien kurang baik pada unsur physical evidence (39%%).
Kesimpulan : Persepsi pasien rawat jalan Klinik Penyakit Dalam terhadap unsur bauran pemasaran mayoritas baik pada unsur product, place, promotion,people, process, performance, price, dan power.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Marketing mix, Perception, Outpatient |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 07:18 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 07:18 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46588 |