MEDIA MANAGEMENT OF TIKTOK @JOGJASKENA ACCOUNT AS INFORMATION MEDIA FOR YOGYAKARTA COMMUNITY MUSIC CONCERT IN 2023

MUHAMMAD ABID AS-SHOBIR (2024) MEDIA MANAGEMENT OF TIKTOK @JOGJASKENA ACCOUNT AS INFORMATION MEDIA FOR YOGYAKARTA COMMUNITY MUSIC CONCERT IN 2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bukti Sumbangan Buku Wisudawan] Text (Bukti Sumbangan Buku Wisudawan)
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[thumbnail of Letter of Accepted] Text (Letter of Accepted)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[thumbnail of Artikel Jurnal] Text (Artikel Jurnal)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)

Abstract

@jogjaskena adalah akun yang berbagi kegiatan hiburan, terutama konser musik di Yogyakarta. Penelitian ini dipicu oleh banyaknya pengguna media sosial yang mengunjungi @jogjaskena untuk mencari informasi tentang konser musik, yang membuat para peneliti tertarik pada bagaimana media dikelola di akun @jogjaskena. Studi ini bertujuan untuk menganalisis manajemen media di akun @jogjaskena untuk mengetahui bagaimana pengelolaan media berjalan di media sosial, khususnya akun TikTok @jogjaskena, dalam meningkatkan kesadaran masyarakat Yogyakarta tentang akun konser musik tersebut. Kerangka teoritis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori POAC, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan implementasi manajemen media di akun @jogjaskena. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa @jogjaskena melakukan manajemen media dengan menggunakan teori untuk menyebarkan informasi tentang konser musik di Yogyakarta. Manajemen media ini meliputi pemilihan konten yang menarik, memanfaatkan fitur kreatif TikTok, berinteraksi dengan pengikut, dan berkerjasama dengan pihak terkait dalam scene musik lokal. Pemilik akun juga secara aktif memantau dan mengevaluasi kinerja konten untuk meningkatkan kualitas dan daya tarik akun. Temuan ini menggambarkan pentingnya manajemen media dalam mengelola akun TikTok sebagai medium informasi konser musik. Hal ini membuktikan bahwa @jogjaskena telah berhasil melakukan manajemen media untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Yogyakarta sebagai media informasi akun konser musik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media management, Music concert, Information media, TikTok
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 31 Jul 2024 02:50
Last Modified: 31 Jul 2024 02:50
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46614

Actions (login required)

View Item
View Item