HILMI SAFITRI (2024) HOW TEACHERS DEAL WITH THE STUDENTS WITH MIXED ABILITY IN ENGLISH CLASSES AT A SENIOR HIGH SCHOOL IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (363kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (432kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (81kB)
Bab I.pdf
Download (99kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (216kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (48kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (161kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (78kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (161kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (131kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (322kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (850kB)
Abstract
Di Indonesia, beberapa lingkungan sekolah seringkali memiliki siswa dengan beragam kemampuan dan preferensi belajarnya yang berbeda beda dalam satu kelas. Bagi guru, mengelola keragaman tersebut menawarkan peluang sekaligus tantangan. Untuk memberikan kesempatan belajar yang tepat bagi setiap siswa, guru harus dapat menerapkan berbagai strategi di kelas dalam menghadapi siswa dengan kemampuan campuran . Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang strategi dan tantangan guru yang sering dihadapi guru selama proses belajar mengajar di kelas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dengan cara wawancara. Partisipan wawancaranya adalah empat guru yang mengajar pelajaran bahasa Inggris di dua SMA swasta di Yogyakarta yang memiliki pengalaman mengajar lebih dari dua tahun. Penelitian ini menemukan beberapa strategi yang dinilai efektif digunakan guru seperti memberikan tes kepada siswa saat pertemuan pertama masuk kelas, memanfaatkan teknologi, membentuk kerja kelompok, menjelaskan dan memberikan umpan balik menggunakan bahasa asli seperti bahasa Indonesia, dan memberikan motivasi. Terdapat juga beberapa tantangan yang dihadapi oleh guru antara lain tingkat berbahasa Inggris siswa yang berbeda-beda, kesulitan dalam memberikan motivasi, sikap siswa yang berbeda-beda dalam lingkaran pertemanan, kurangnya disiplin siswa, dan pemilihan media pengajaran yang tepat. Oleh karena itu, untuk mengatasi kemampuan campuran pada murid secara efektif, guru harus terus meningkatkan profesionalisme mereka, memperluas pengetahuan mereka tentang berbagai keperluan pembelajaran yang mendukung, meningkatkan variasi strategi pengajaran, dan meningkatkan praktik mengajar guru melalui kerja sama dan pelatihan dengan guru lainnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | mixed ability, teaching strategies, challenges |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 03:00 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 03:00 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46619 |