INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM ERA INDUSTRI 4.0

HARIMAWAN (2024) INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM ERA INDUSTRI 4.0. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bukti Sumbangan Buku Wisudawan] Text (Bukti Sumbangan Buku Wisudawan)
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[thumbnail of Letter of Accepted] Text (Letter of Accepted)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[thumbnail of Artikel Jurnal] Text (Artikel Jurnal)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)

Abstract

Abstrak: Perkembangan industri 4.0 menjadi tantangan bagi dunia pendidikan, termasuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Para guru dituntut untuk dapat menghadapi tantangan yang lebih kompleks. Ada banyak kompleksitas tantangan revolusi industri 4.0 di bidang pembelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang inovasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam industri 4.0 di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang disampaikan dengan deskriptif. Inovasi pembelajaran PAI diaplikasikan dengan istilah "Kaizen" yang berasal dari bahasa Jepang pada konsep Continuous Incremental Improvement. Adapun Kaizen tersebut meliputi 5 tahap yang memiliki awalan "S", yaitu: Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: learning innovation; Islamic religious education; industry 4.0
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: Bima
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:28
Last Modified: 22 Jul 2024 02:28
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46624

Actions (login required)

View Item
View Item