SHYLVIA DWI ALAM SARI (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGGUNAAN KOSMETIK HALAL PADA MAHASISWA FARMASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA : A PARTIAL LEAST SQUARE - STRUCTURAL EQUATION MODELLING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (202kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (387kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (15kB)
Bab I.pdf
Download (191kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (163kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (369kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (441kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (34kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (102kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (825kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (856kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia. Jumlah penduduk Muslim Indonesia adalah 86,7 persen dari total populasi Indonesia. Salah satu produk yang banyak digunakan dan dibeli oleh perempuan adalah kosmetik yang dapat meningkatkan penampilan mereka. Nilai fungsional, kondisional, emosional, sosial, epistemik dan religiusitas merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan kosmetik halal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan kosmetik halal pada mahasiswa Farmasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan desain penelitian secara cross-sectional. Perhitungan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan rumus Slovin dan didapatkan jumlah sampel sebanyak 196 mahasiswa Farmasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode Purposive Sampling yang merupakan suatu teknik pengambilan sampel dengan beberapa kriteria tertentu yang memenuhi kriteria inklusi penelitian. Data penelitian diperoleh dari kuisioner yang telah diisi responden dan metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Modelling (SEM-PLS). Hasil penelitian berdasarkan SEM-PLS diperoleh nilai fungsional 0,010 p 0,05, nilai epistemik p 0,001 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Nilai Fungsional, Nilai Kondisional, Nilai Emosional, Nilai Epistemik berhubungan dengan penggunaan kosmetik halal. Sedangkan Nilai Sosial dan Nilai Religiusitas tidah berhubungan dengan penggunaan kosmetik halal pada mahasiswa Farmasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Functional Value, Conditional Value, Emotional Value, Social Value, Epistemic Value, Religiosity Value, Halal Cosmetics |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Farmasi S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 20 Jul 2024 03:36 |
Last Modified: | 20 Jul 2024 03:36 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46632 |