PENGARUH DUKUNGAN RELASIONAL DAN EKSPEKTASI PENDAPATAN TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA DENGAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

DIYAH PERMATA SARI (2024) PENGARUH DUKUNGAN RELASIONAL DAN EKSPEKTASI PENDAPATAN TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA DENGAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (697kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dukungan relasional dan ekspektasi pendapatan terhadap niat berwirausaha dengan motivasi berwirausaha sebagai variabel intervening. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Angkatan 2020 dengan jumlah sampel sebanyak 210 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa Prodi Ekonomi dan Prodi Ekonomi Syariah. Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Non-Probability Sampling dengan jenis Purposive Sampling. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Teknik analisis data menggunakan path analysis dan sobel test. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey yang dilakukan menggunakan kuesioner dengan alat uji IBM SPPS Statistic 23 sebagai alat analisis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) dukungan relasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha, (2) ekspektasi pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha, (3) motivasi berwirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha (4) dukungan relasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berwirausaha, (5) ekspektasi pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berwirausaha, (6) motivasi berwirausaha dapat memediasi pengaruh dukungan relasional terhadap niat berwirausaha, (7) motivasi berwirausaha dapat memediasi pengaruh ekspektasi pendapatan terhadap niat berwirausaha.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: relational support, income expectations, entrepreneurial intentions, entrepreneurial motivation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 30 Jul 2024 01:41
Last Modified: 30 Jul 2024 01:41
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46724

Actions (login required)

View Item
View Item