PENGUJIAN MODULUS ELASTISITAS STRUKTUR BETON ASPAL DENGAN LIMBAH BAN BEKAS SEBAGAI PENGGANTI AGREGAT KASAR

ANUGRAH PUTRA RAMADHAN (2024) PENGUJIAN MODULUS ELASTISITAS STRUKTUR BETON ASPAL DENGAN LIMBAH BAN BEKAS SEBAGAI PENGGANTI AGREGAT KASAR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (588kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan limbah ban luar sepeda motor sebagai pengganti agregat kasar dilakukan guna mengurangi penumpukan limbah dan diharapkan dapat memberikan kualitas perkerasan jalan yang tahan terhadap kerusakan karena ban luar sepeda motor memiliki karakteristik tahan terhadap cuaca, tahan terhadap air, memiliki kestabilan yang cukup, ketahanan yang tinggi, dan memiliki tingkat fleksibilitas dan sifat lentur yang cukup baik serta karet memiliki sifat menyerap getaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik Marshall dan menghitung nilai Modulus Elastisitas pada campuran perkerasan jalan AC-WC serta menganalisis nilai tegangan-regangan perkerasan lentur menggunakan program KENPAVE. Dari hasil pegujian didapatkan nilai Kadar Aspal Optimum (KAO) untuk campuran perkerasan jalan AC-WC adalah 6,5%. Benda uji dibuat menggunakan variasi 0%, 25%, 50%, 75%, dan 100% untuk pengganti agregat yang lolos saringan no. 1 /2” dan tertahan no. 3 /8”. Dari hasil pengujian Marshall didapatkan semakin banyak penggunaan ban luar sepeda motor maka karakteristik campuran cenderung kurang bagus. Nilai Modulus Elastisitas juga semakin menurun seiring penambahan potongan ban luar sepeda motor. Hal tersebut disebabkan oleh karakteristik ban luar sepeda motor yang terlalu elastis dan tidak berpori. Hasil campuran terbaik didapatkan pada variasi 0% yang selanjutnya dilakukan analisis menggunakan program KENPAVE. Analisis tersebut memadukan data sekunder dengan nilai Modulus Elastisitas yang didapat dari pengujian yang bertujuan untuk justifikasi. Hasil analisis didapatkan nilai regangan tarik (εt) sebesar -0,0001847 dengan nilai ESAL (Nf) sebesar 1798000, nilai regangan tekan (εc) sebesar 0,0005574 dengan nilai ESAL (Nd) 503900, dan maksimum damage ratio sebesar 0,07243 sehingga didapatkan umur rencana jalan selama 13,81 tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motorcycle Outer Tires, AC-WC, Marshall, Modulus of Elasticity, KENPAVE
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 29 Jul 2024 03:57
Last Modified: 29 Jul 2024 03:57
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46801

Actions (login required)

View Item
View Item