PENGARUH FAKTOR- FAKTOR KEPUASAN KERJA TERHADAP KUALITAS KOMUNIKASI DOKTER-PASIEN DI PUSKESMAS KOTA CIREBON

Lintangkerty Suryanagari (2021) PENGARUH FAKTOR- FAKTOR KEPUASAN KERJA TERHADAP KUALITAS KOMUNIKASI DOKTER-PASIEN DI PUSKESMAS KOTA CIREBON. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (511kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Upaya mencapai kesehatan yang baik merupakan isu sentral dalam pembangunan. Komunikasi dokter-pasien yang efektif merupakan jantung pelayanan kesehatan dan merupakan fungsi sentral dalam membangun hubungan terapeutik dokter-pasien. Kualitas pelayanan kesehatan salah satunya dipengaruhi oleh faktor terkait pemberi jasa yaitu dokter. Oleh karena itu kepuasan kerja sebagai salah satu bentuk kesejahteraan dokter perlu menjadi perhatian agar meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.
Metode: Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kuantitatif dengan rancangan cross-sectional dengan strategi penelitian survei menggunakan kuesioner yang diisi oleh dokter dan pasien. Populasi merupakan seluruh dokter yang bekerja di puskesma Kota Cirebon. Sampel penelitian dipilih memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Jumlah sampel terdiri 44 dokter dan 10 pasien per dokter sebagai responden. Analisis data menggunakan PLS-SEM.
Hasil dan Pembahasan: Penelitian ini menguji 5 faktor intrinsik kepuasan kerja, yaitu pencapaian, pekerjaan itu sendiri, pengakuan, tanggung jawab dan promosi serta pengembangan terhadap komunikasi dokter-pasien. Hasil olah data dengan PLS-SEM menguji pengaruh 5 variabel terhadap kualitas komunikasi dokter-pasien sehingga mendapatkan p value masing-masing, pencapaian (p-value 0,274), pekerjaan itu sendiri (p-value 0,010), pengakuan (p-value 0,811) dan promosi serta pengembangan (p-value 0,374).
Kesimpulan: Ada pengaruh pekerjaan itu sendiri terhadap kualitas komunikasi dokter pasien (p<0>p-value>0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 16 Dec 2021 02:10
Last Modified: 16 Dec 2021 02:10
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4684

Actions (login required)

View Item
View Item