Lintangkerty Suryanagari (2021) PENGARUH FAKTOR- FAKTOR KEPUASAN KERJA TERHADAP KUALITAS KOMUNIKASI DOKTER-PASIEN DI PUSKESMAS KOTA CIREBON. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (511kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (105kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Latar Belakang: Upaya mencapai kesehatan yang baik merupakan isu sentral dalam pembangunan. Komunikasi dokter-pasien yang efektif merupakan jantung pelayanan kesehatan dan merupakan fungsi sentral dalam membangun hubungan terapeutik dokter-pasien. Kualitas pelayanan kesehatan salah satunya dipengaruhi oleh faktor terkait pemberi jasa yaitu dokter. Oleh karena itu kepuasan kerja sebagai salah satu bentuk kesejahteraan dokter perlu menjadi perhatian agar meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.
Metode: Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kuantitatif dengan rancangan cross-sectional dengan strategi penelitian survei menggunakan kuesioner yang diisi oleh dokter dan pasien. Populasi merupakan seluruh dokter yang bekerja di puskesma Kota Cirebon. Sampel penelitian dipilih memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Jumlah sampel terdiri 44 dokter dan 10 pasien per dokter sebagai responden. Analisis data menggunakan PLS-SEM.
Hasil dan Pembahasan: Penelitian ini menguji 5 faktor intrinsik kepuasan kerja, yaitu pencapaian, pekerjaan itu sendiri, pengakuan, tanggung jawab dan promosi serta pengembangan terhadap komunikasi dokter-pasien. Hasil olah data dengan PLS-SEM menguji pengaruh 5 variabel terhadap kualitas komunikasi dokter-pasien sehingga mendapatkan p value masing-masing, pencapaian (p-value 0,274), pekerjaan itu sendiri (p-value 0,010), pengakuan (p-value 0,811) dan promosi serta pengembangan (p-value 0,374).
Kesimpulan: Ada pengaruh pekerjaan itu sendiri terhadap kualitas komunikasi dokter pasien (p<0>p-value>0,05).
Dosen Pembimbing: | Tri Pitara Mahanggoro, Dr., S.Si., M.Kes. and Elsye Maria Rosa, Dr., S.K.M., M.Kes. | NIDN0506066801, NIDN0329087001 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Administrasi Rumah Sakit |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 02:10 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 02:10 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4684 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |