AKHMAD FAQIH (2024) MENGEMBANGKAN GAME DESIGN DOCUMENT (GDD) CHAOS CHESS BERGENRE STRATEGY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (392kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (608kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (14kB)
Bab I.pdf
Download (92kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (236kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (812kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (182kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (11kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (137kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (574kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (502kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Catur merupakan sebuah Board game yang dimainkan oleh dua player. Kedua player tersebut terlibat dalam sebuah peperangan antara dua kerajaan yang divisualisasikan dalam sebuah papan dan bidak. Hingga saat ini sudah muncul berbagai macam variasi gameplay dari catur seperti duck chess, blind chess, 4 player chess, dan lain lain. Namun kebutuhan pasar dalam industri game terutama pada game catur masih membutuhkan inovasi baru. Oleh karena itu penulis berinisiatif untuk membuat sebuah game design document (GDD) dari perpaduan antara catur yang dikombinasikan dengan kartu skill. Perpaduan antara catur dan elemen kartu skill ini akan menciptakan sebuah mekanik baru yang menarik sehingga dapat membuat catur menjadi rusuh atau chaos. Dalam proses pembuatan GDD ini akan melalui sebuah tahap yang dinamakan iterasi. Dimana pada tahap iterasi ini, terdapat proses conceptualization, pembuatan game design document sementara, pembuatan prototyping, dan juga playtesting. Setelah melewati berbagai tahap iterasi, maka terciptalah GDD Final. Setelah GDD Final tercipta, selanjutnya penulis melakukan playtesting tahap final dengan menggunakan metode kuisioner terhadap playtester. Berdasarkan hasil dari playtesting tahap final ini, dapat disimpulkan bahwa pembuatan GDD chaos chess menghasilkan sebuah game yang sudah memenuhi aspek fun, strategy, balance, dan juga chaos. Penulis memiliki harapan untuk kedepannya game chaos chess ini dapat masuk ke tahap production, dengan hasil akhir game dalam versi digital.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Chess, Skill Card, Chaos, Strategy, Game design document |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 27 Jul 2024 08:02 |
Last Modified: | 27 Jul 2024 08:02 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46847 |