PENERAPAN ASAS TRANSPARANSI DALAM PELAYANAN PUBLIK TERHADAP PENDAFTARAN TANAH DI KANTOR BADAN PERTANAHAN NASIONAL KABUPATEN BANJARNEGARA

AZKA AULIYA MAULA (2024) PENERAPAN ASAS TRANSPARANSI DALAM PELAYANAN PUBLIK TERHADAP PENDAFTARAN TANAH DI KANTOR BADAN PERTANAHAN NASIONAL KABUPATEN BANJARNEGARA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (718kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemerintah memiliki tanggung jawab besar dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Dengan begitu tercipta rasa kepuasan dan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan asas transparansi serta faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik dalam pendaftaran tanah di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Banjarnegara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum empiris. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil data secara langsung di Kantor Badan Pertanahan Nasional melalui wawancara dengan responden dan narasumber. Hasil dari penelitian ini yaitu dalam pelayanan pendaftaran tanah di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Banjarnegara sudah menerapkan asas transparansi yang dapat dinilai dari tingkat keterbukaannya, kemudahan praktik pelayanan publik, serta kemudahan mendapatkan informasi. Dalam melakukan pelayanan, terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik dalam penerapan asas transparansi terhadap pendaftaran tanah yaitu terlihat adanya upaya serius dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui penerapan prinsip transparansi. Meskipun terdapat beberapa hambatan seperti lambatnya respon terhadap informasi dan kurang efektifnya proses pengambilan tiket antrian namun langkah-langkah konkret telah diambil untuk mengatasi kendala-kendala tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Public Services, Land Registration, Transparency
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 27 Jul 2024 07:58
Last Modified: 27 Jul 2024 07:58
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46850

Actions (login required)

View Item
View Item