AZKA AULIYA MAULA (2024) PENERAPAN ASAS TRANSPARANSI DALAM PELAYANAN PUBLIK TERHADAP PENDAFTARAN TANAH DI KANTOR BADAN PERTANAHAN NASIONAL KABUPATEN BANJARNEGARA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (718kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (413kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (35kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (702kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pemerintah memiliki tanggung jawab besar dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Dengan begitu tercipta rasa kepuasan dan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan asas transparansi serta faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik dalam pendaftaran tanah di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Banjarnegara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum empiris. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil data secara langsung di Kantor Badan Pertanahan Nasional melalui wawancara dengan responden dan narasumber. Hasil dari penelitian ini yaitu dalam pelayanan pendaftaran tanah di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Banjarnegara sudah menerapkan asas transparansi yang dapat dinilai dari tingkat keterbukaannya, kemudahan praktik pelayanan publik, serta kemudahan mendapatkan informasi. Dalam melakukan pelayanan, terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik dalam penerapan asas transparansi terhadap pendaftaran tanah yaitu terlihat adanya upaya serius dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui penerapan prinsip transparansi. Meskipun terdapat beberapa hambatan seperti lambatnya respon terhadap informasi dan kurang efektifnya proses pengambilan tiket antrian namun langkah-langkah konkret telah diambil untuk mengatasi kendala-kendala tersebut.
Dosen Pembimbing: | Sunarno, S.H., M.Hum., Ph.D. | NIDN0528127201 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Public Services, Land Registration, Transparency |
Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Hukum |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 27 Jul 2024 07:58 |
Last Modified: | 27 Jul 2024 07:58 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46850 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |