MOTIF FOLLOWERS DALAM MENGAKSES AKUN TIKTOK @HEY.TESSSS

SALSYA NOVITA RAMADHANI (2024) MOTIF FOLLOWERS DALAM MENGAKSES AKUN TIKTOK @HEY.TESSSS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bukti Sumbangan Buku Wisudawan] Text (Bukti Sumbangan Buku Wisudawan)
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[thumbnail of Letter of Accepted] Text (Letter of Accepted)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[thumbnail of Artikel Jurnal] Text (Artikel Jurnal)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)

Abstract

Kemunculan media sosial memudahkan orang-orang dalam berinteraksi secara virtual, mempelajari hal baru, dan menjadi tempat mengekspresikan diri. Salah satunya yaitu pada Aplikasi TikTok. Kini aplikasi TikTok juga digunakan sebagai media edukasi yang bermanfaat untuk menambah pengetahuan baru seperti. Sebuah akun TikTok bernama @hey.tessss yang dikelola oleh Evangelina Tessia Pricilla merupakan akun dengan pengikut terbanyak yaitu 3 juta followers yang memberikan informasi edukasi dan hiburan tentang pengembangan diri dan kesehatan mental. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap motif pengalaman seorang followers dalam mengakses akun TikTok @hey.tessss. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam oleh 10 orang informan. Teknik pengambilan informan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis interaktif, dengan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori motif Herbert Blumer yang terdiri dari motif informasi, motif diversi, dan motif identitas personal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk motif informasi terdapat 7 dari 10 informan mencari bimbingan atau solusi berdasarkan permasalahan yang pernah dialami melalui penyajian konten di akun @hey.tessss. Terkait motif diversi mayoritas informan merasa terhibur ketika menonton konten vlog dan tips and trik mengenai psychoeducation yang dikemas dengan topik yang beragam. Sedangkan motif identitas personal, mayoritas informan sering memberikan ulasan di postingan video akun @hey.tessss seperti komentar, like, dan save

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: TikTok, Motive, New Media, Mental Health
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 25 Jul 2024 04:17
Last Modified: 25 Jul 2024 04:17
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46867

Actions (login required)

View Item
View Item