ALAM NURCAHAYA (2024) PERANCANGAN USER INTERFACE APLIKASI KASIR PADA TOKO SERAGAM “TOKO HIZWA” MENGGUNAKAN METODE USER-CENTERED DESIGN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (794kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (752kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (70kB)
Bab I.pdf
Download (78kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (128kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (19MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (58kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (144kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (29MB)
Abstract
Toko Hizwa merupakan bisnis ritel yang menjual seragam sekolah, berbagai jenis pakaian, serta aksesoris yang dikelola oleh keluarga. Selama operasional toko, pemilik mengeluhkan kesulitan dalam mengetahui laba rugi dengan akurat karena penjaga (kasir) kesulitan menghafal harga setiap barang, sibuk melayani pembeli, dan sulit mengontrol pemesanan dalam jumlah banyak. Akibatnya, pemilik kurang mempercayai pekerjaan penjaga (kasir). Sehingga, penting untuk memastikan keandalan dalam pencatatan transaksi penjualan toko untuk meningkatkan kepercayaan pemilik terhadap penjaga.Masalah yang dikeluhkan oleh pemilik Toko Hizwa dapat diatasi dengan membuat aplikasi kasir yang mampu mendapatkan laba rugi secara akurat. Sebelum pembuatan aplikasi, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk merancang prototype aplikasi kasir yang diharapkan dapat membantu mendapatkan pencatatan laba rugi untuk Toko Hizwa. Penelitian ini menggunakan metode User-Centered Design karena peneliti perlu melibatkan pengguna di setiap proses desain. Tahapan metode User-Centered Design yaitu requirement gathering dengan melakukan melakukan interview, requirement analysis untuk menentukan system requirement, design planning untuk menentukan struktur dan alur kerja sistem, prototype untuk membuat model interaktif, dan testing untuk memastikan bahwa prototype memenuhi kebutuhan pengguna.Penelitian ini menghasilan prototype, dan pengujian menunjukkan bahwa prototype yang dirancang sesuai dengan kebutuhan untuk mengatasi masalah dan 29 dari 32 task diselesaikan di bawah standar durasi sistem manual. Dikarenakan prototype yang telah dirancang belum menjadi aplikasi desktop, sehingga prototype ini perlu dikembangkan menjadi sebuah aplikasi dekstop agar dapat digunakan oleh penjaga dan pemilik dari Toko Hizwa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prototype, User Interface, Cashier Application, User-Centered Design |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 08:01 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 08:01 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46884 |