PEMBUATAN ASET 2D GAME EDUKATIF DENGAN NUANSA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA UNTUK PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR

ANNISA QURROTA A'YUN DIAN NUGRAHENI (2024) PEMBUATAN ASET 2D GAME EDUKATIF DENGAN NUANSA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA UNTUK PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (717kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Pengenalan konsep pemrograman dasar pada usia dini adalah langkah penting dalam mempersiapkan generasi masa depan untuk menghadapi tantangan teknologi. Pembelajaran pemrograman dasar dapat memberikan stimulasi kepada anak sejak dini untuk mengembangkan pola pikir kreatif, kemampuan kolaborasi, dan kemampuan berkomunikasi. Adapun permasalahan yang dikaji adalah belum tersedianya aset grafis pada game edukatif pembelajaran pemrograman dasar yang bertema kearifan lokal, khususnya Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat aset 2D yang digunakan dalam game edukatif pembelajaran pemrograman dasar dengan tema kearifan lokal. Dengan menggunakan aset grafis yang mencerminkan budaya dapat membantu memperkenalkan dan melestarikan budaya kepada generasi muda.Metode yang digunakan dalam pembuatan aset ini adalah metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang meliputi tahapan konsep, desain, pembuatan, pengujian, serta distribusi. Proses pengujian dilakukan dengan metode Expert Review dan Image Testing, melibatkan para ahli untuk memverifikasi kesesuaian aset dalam membangun game edukatif pembelajaran pemrograman dasar serta pengguna untuk memastikan aset 2D yang dibuat mencerminkan.budaya Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini adalah aset 2D yang telah diujikan dan dinyatakan layak untuk digunakan dalam game edukatif pembelajaran pemrograman dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bacis programming, Educational Games, 2D assets, Multimedia Development Life Cycle (MDLC)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 16 Aug 2024 06:20
Last Modified: 16 Aug 2024 06:20
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46915

Actions (login required)

View Item
View Item