ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS AKIBAT ADANYA PENGEMBANGAN UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN KAMPUS 1

KANDA ALTHOF AZZUHDY (2024) ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS AKIBAT ADANYA PENGEMBANGAN UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN KAMPUS 1. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (717kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pertumbuhan transportasi di Indonesia, khususnya Yogyakarta, membutuhkan fasilitas lalu lintas yang memadai. Peningkatan populasi dan jumlah kendaraan berkontribusi pada peningkatan volume lalu lintas, mempengaruhi pola lalu lintas di area perkotaan seperti sekitar Universitas Ahmad Dahlan Kampus 1. Dalam konteks pengembangan kampus, Analisis Dampak Lalu Lintas (ANDALALIN) diperlukan untuk mengurangi dampak lalu lintas. ANDALALIN bertujuan mengevaluasi kinerja lalu lintas dari pengembangan Kampus 1. Studi ini menggunakan Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dan melibatkan beberapa lokasi utama. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, mengumpulkan data melalui survei volume lalu lintas, inventarisasi jalan, geometrik, dan kecepatan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa Ruas Jalan Kapas memiliki kapasitas dasar 2295 smp/jam, derajat kejenuhan 0,07, dan tingkat pelayanan dalam kategori A. Ruas Jalan Kusumanegara memiliki kapasitas dasar 4570 smp/jam, derajat kejenuhan 0,44, dan tingkat pelayanan dalam kategori B. Ruas Jalan Cendana memiliki kapasitas dasar 3199 smp/jam, derajat kejenuhan 0,50, dan tingkat pelayanan dalam kategori C. Ruas Jalan Kenari memiliki kapasitas dasar 2871 smp/jam, derajat kejenuhan 0,50, dan tingkat pelayanan dalam kategori B. Ruas Jalan Suryopranoto memiliki kapasitas dasar 2780 smp/jam, derajat kejenuhan 0,75, dan tingkat pelayanan dalam kategori B. Rekomendasi untuk meningkatkan kinerja jalan termasuk penempatan petugas keamanan di pintu keluar-masuk kendaraan proyek, larangan parkir kendaraan proyek di badan jalan Kapas, dan pengaturan jam kerja pekerja proyek untuk menghindari jam sibuk. Pengangkutan material juga diatur untuk menghindari jam sibuk. Segala kerusakan akibat konstruksi Pengembangan Universitas Ahmad Dahlan Kampus 1 harus diperbaiki.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: MKJI 1997 Method, Level of service, Traffic impact analysis, Roadway performance
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 25 Jul 2024 03:36
Last Modified: 25 Jul 2024 03:36
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46952

Actions (login required)

View Item
View Item