EFEKTIVITAS PROGRAM INDONESIA PINTAR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SMP N 2 KABUPATEN KLATEN PADA TAHUN 2022

DANANG WIRATSONGKO (2024) EFEKTIVITAS PROGRAM INDONESIA PINTAR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SMP N 2 KABUPATEN KLATEN PADA TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (492kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (973kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan merupakan aspek yang penting dalam kehidupan manusia agar dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada. Kabupaten Klaten menjadi salah satu Kabupaten yang memiliki permasalahan dalam aspek pelayanan pendidikan, meskipun pemerintah daerah mengatakan bahwa permasalahan tersebut telah diatasi dengan adanya bantuan BOS dan PIP. Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Klaten merupakan sekolah yang menerima bantuan tertinggi diantara SMP lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah pelaksanaan program Indonesia pintar berjalan dengan efektif di SMP N 2 Kabupaten Klaten. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efektivitas program dari Campbell, dengan indikator yaitu: 1)keberhasilan program, 2)keberhasilan menjangkau sasaran, 3)kepuasan terhadap program, 4)pencapaian tujuan menyeluruh. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah triangulasi dengan menggabungkan berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada untuk sekaligus menguji kredibilitas data. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa pelaksanaan PIP di SMP N 2 Klaten berjalan dengan efektiv karena berhasil memenuhi indikator tersebut dan dipengaruhi beberapa faktor seperti: sarana dan prasarana yang memadai, partisipasi masyarakat, dan kondisi ekonomi yang mendukung.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Effectiveness, Indonesia Smart programme, education quality
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 27 Jul 2024 07:42
Last Modified: 27 Jul 2024 07:42
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46957

Actions (login required)

View Item
View Item