DANANG WIRATSONGKO (2024) EFEKTIVITAS PROGRAM INDONESIA PINTAR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SMP N 2 KABUPATEN KLATEN PADA TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (492kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (283kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13kB)
Bab I.pdf
Download (973kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (400kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (460kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Pendidikan merupakan aspek yang penting dalam kehidupan manusia agar dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada. Kabupaten Klaten menjadi salah satu Kabupaten yang memiliki permasalahan dalam aspek pelayanan pendidikan, meskipun pemerintah daerah mengatakan bahwa permasalahan tersebut telah diatasi dengan adanya bantuan BOS dan PIP. Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Klaten merupakan sekolah yang menerima bantuan tertinggi diantara SMP lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah pelaksanaan program Indonesia pintar berjalan dengan efektif di SMP N 2 Kabupaten Klaten. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efektivitas program dari Campbell, dengan indikator yaitu: 1)keberhasilan program, 2)keberhasilan menjangkau sasaran, 3)kepuasan terhadap program, 4)pencapaian tujuan menyeluruh. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah triangulasi dengan menggabungkan berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada untuk sekaligus menguji kredibilitas data. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa pelaksanaan PIP di SMP N 2 Klaten berjalan dengan efektiv karena berhasil memenuhi indikator tersebut dan dipengaruhi beberapa faktor seperti: sarana dan prasarana yang memadai, partisipasi masyarakat, dan kondisi ekonomi yang mendukung.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Effectiveness, Indonesia Smart programme, education quality |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 27 Jul 2024 07:42 |
Last Modified: | 27 Jul 2024 07:42 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46957 |