ARCHAIVA RAIHANAH AZZAHRA (2024) STRATEGI KAMPANYE TIGA CALON PRESIDEN UNTUK MENGGAET SUARA MUSLIM MELALUI KONTEN ISLAMI PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK DALAM PEMILU 2024. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (298kB)
Bab I.pdf
Download (1MB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (313kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (449kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (472kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan tiap kandidat calon presiden dalam kontestasi pemilu 2024 dalam memanfaatkan konten islami sebagai suatu alat berkampanye dalam media sosial terkhusus pada platform Tiktok. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode analisis isi. Pendekatan kualitatif deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan isi konten Islami selama periode kampanye pemilu 2024 pada video-video unggahan dalam akun Tiktok kandidat calon presiden @aniesbaswedan, @partaigerindra, dan @ganjarpranowo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui dokumentasi konten masing-masing kandidat calon presiden dengan fokus penelitian terkait pada isi konten islami dalam video yang diunggah melalui media sosial Tiktok akun @aniesbaswedan, @partaigerindra, dan @ganjarpranowo dengan jangka waktu pelaksanaan periode kampanye pemilu 2024, yakni 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan strategi political marketing untuk konten islami yang diunggah selama periode kampanye pemilu 2024 hanya dominan digunakan oleh akun @aniesbaswedan dan pada strategi pemasaran konten Tiktok unggul diterapkan pada akun @partaigerindra dengan menyabet belasan hingga puluhan juta views pada konten Tiktok yang membuktikan bahwa unggahan konten islami tidak berpengaruh secara signifikan dalam menggaet suara muslim pada kontestasi pilpres 2024.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Campaign Strategy, Islamic Content, TikTok Social Media |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 03:27 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 03:27 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47046 |