GASTRODIPLOMASI JEPANG DI INDONESIA: STUDI KASUS ENNICHISAI

FAHRI SUBHAN FAJAR (2024) GASTRODIPLOMASI JEPANG DI INDONESIA: STUDI KASUS ENNICHISAI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (526kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (445kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (723kB)

Abstract

Jepang, sebagai negara yang terletak di Asia Timur, telah menjadi pusat perhatian dunia atas kemajuan teknologi dan budaya yang unik. Negara ini memiliki komitmen yang kuat untuk melestarikan budaya tradisionalnya di tengah modernisasi yang pesat. Diplomasi budaya Jepang telah menggunakan popularitas budaya pop seperti anime dan manga sebagai alat untuk memperluas pemahaman dan apresiasi terhadap budaya mereka di seluruh dunia. Selain itu, Jepang juga memanfaatkan gastrodiplomasi, dengan fokus pada kuliner tradisionalnya, untuk mempromosikan budayanya. Festival Ennichisai Blok M di Jakarta adalah salah satu contoh kegiatan yang mendapat dukungan dari pemerintah Jepang dalam rangka memperkenalkan budaya Jepang kepada masyarakat Indonesia. Gastrodiplomasi Jepang di Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kerjasama bilateral antara kedua negara dan memperdalam hubungan antar-komunitas. Dengan adanya globalisasi, Jepang juga memanfaatkan media sosial untuk memperluas dampak dari upaya diplomasi dan promosi budayanya. Salah satu contoh budaya kuliner yang dipromosikan adalah "Washoku", masakan tradisional Jepang yang mencerminkan prinsip-prinsip estetika dan nilai-nilai budaya Jepang yang khas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: gastrodiplomacy, culture diplomacy, ennichisai, washoku
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 27 Jul 2024 04:12
Last Modified: 27 Jul 2024 04:12
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47080

Actions (login required)

View Item
View Item