MUSTAHANI USWATUN KHASANAH (2024) STUDENTS' AWARENESS TOWARDS THE SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS) IN ENGLISH LANGUAGE LEARNING AT THE UNIVERSITY LEVEL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (128kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (71kB)
Bab I.pdf
Download (97kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (208kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (195kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (519kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (72kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (174kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (180kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (478kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) terdiri dari 17 tujuan, salah satunya adalah pendidikan. Terkait dengan pendidikan, khususnya pendidikan bahasa asing, menilai kesadaran masyarakat mengenai SDGs sangatlah penting untuk mendukung tujuan SDGs selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesadaran terhadap SDGs di kalangan mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di salah satu perguruan tinggi swasta Islam di Yogyakarta, Indonesia. Selain itu, penelitian ini juga mengulas topik-topik yang dipaparkan dalam pembelajaran bahasa Inggris yang dianggap dapat mendorong SDGs. Data penelitian ini diperoleh dari survei kuesioner yang melibatkan 108 partisipan angkatan 2020. Hasilnya menunjukkan bahwa tingkat kesadaran siswa tergolong sedang, dengan skor rata-rata 3,01 (SD=0,503). Skor menunjukkan bahwa siswa telah memiliki kesadaran akan pentingnya perilaku ramah lingkungan. Namun hal tersebut bersifat teoritis dan belum dipraktikkan dalam kehidupan. Selain itu, penelitian ini mengungkap topik SDGs mana saja yang telah dipaparkan dalam pembelajaran bahasa Inggris. Hasilnya menunjukkan bahwa topik SDGs yang paling banyak diekspos adalah Tujuan 4: Pendidikan Berkualitas, disusul Tujuan 5: Kesetaraan Gender, Tujuan 8: Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, dan Tujuan 9: Industri, Inovasi, dan Infrastruktur. Penelitian ini memberikan data tambahan mengenai tujuan SDGs yang telah diketahui siswa dan topik SDGs yang mereka rekomendasikan untuk dipelajari dalam pembelajaran bahasa Inggris. Hasilnya menunjukkan skor tertinggi pada Tujuan 4: Pendidikan Berkualitas. Penelitian ini mengimplikasi bahwa guru harus lebih banyak mengintegrasikan topik SDGs ke dalam pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran bahasa Inggris. Kemudian, siswa harus lebih aktif memperkaya pengetahuannya tentang SDGs dari sumber selain materi kelas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Students' awareness, Sustainable Development Goals (SDGs), English language learning |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 27 Jul 2024 03:53 |
Last Modified: | 27 Jul 2024 03:53 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47095 |