STRATEGI KAMPANYE PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA (PSI) PADA PEMILU LEGISLATIF 2024

NAJMA AMALIA PUTRI (2024) STRATEGI KAMPANYE PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA (PSI) PADA PEMILU LEGISLATIF 2024. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (414kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Elite Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mempersiapkan strategi untuk menghadapi Pemilu Legislatif 2024 setelah mengalami kegagalan di Pemilu Legislatif 2019. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui strategi kampanye PSI dalam meraih dukungan pada Pemilu Legislatif 2024. Metode yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dengan studi kepustakaan yang diperoleh dari portal berita online. Untuk mengetahui strategi PSI, artikel ini menggunakan empat indikator dari teori bauran pemasaran (marketing mix), yaitu product, price, place, promotion (4P). Temuan ini menunjukkan, pada indikator product, PSI mengusung platform slogan “PSI Sejalan dengan Pak Jokowi” dengan pastrecord PSI sebagai partainya anak muda dan didukung oleh caleg PSI dari kalangan wirausahawan. Pada indikator price, kampanye PSI dilakukan selama 75 hari dengan pengeluaran sebesar Rp. 80 Miliar dan unggul di Dapil Pulau Jawa dengan menggunakan Citra Joko Widodo. Pada indikator place, strategi local network dan canvassing mengandalkan kreativitas tiap caleg untuk mendekati pemilih, sedangkan leader tour dengan mengunjungi organisasi keagamaan dan relawan. Pada indikator promotion, publikasi kampanye PSI melalui televisi, media sosial, dan Alat Peraga Kampanye (APK), sedangkan publikasi kegiatan kampanye dilakukan di berbagai daerah. Dari keempat indikator tersebut, indikator place memberikan dampak paling efektif terhadap keberhasilan kampanye PSI pada Pemilu Legislatif 2024.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Political Parties, Elections, Campaign Strategy
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 26 Jul 2024 07:04
Last Modified: 26 Jul 2024 07:04
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47126

Actions (login required)

View Item
View Item