NAJMA AMALIA PUTRI (2024) STRATEGI KAMPANYE PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA (PSI) PADA PEMILU LEGISLATIF 2024. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (451kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (222kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (176kB)
Bab I.pdf
Download (414kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (286kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (832kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (82kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (279kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (330kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Elite Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mempersiapkan strategi untuk menghadapi Pemilu Legislatif 2024 setelah mengalami kegagalan di Pemilu Legislatif 2019. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui strategi kampanye PSI dalam meraih dukungan pada Pemilu Legislatif 2024. Metode yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dengan studi kepustakaan yang diperoleh dari portal berita online. Untuk mengetahui strategi PSI, artikel ini menggunakan empat indikator dari teori bauran pemasaran (marketing mix), yaitu product, price, place, promotion (4P). Temuan ini menunjukkan, pada indikator product, PSI mengusung platform slogan “PSI Sejalan dengan Pak Jokowi” dengan pastrecord PSI sebagai partainya anak muda dan didukung oleh caleg PSI dari kalangan wirausahawan. Pada indikator price, kampanye PSI dilakukan selama 75 hari dengan pengeluaran sebesar Rp. 80 Miliar dan unggul di Dapil Pulau Jawa dengan menggunakan Citra Joko Widodo. Pada indikator place, strategi local network dan canvassing mengandalkan kreativitas tiap caleg untuk mendekati pemilih, sedangkan leader tour dengan mengunjungi organisasi keagamaan dan relawan. Pada indikator promotion, publikasi kampanye PSI melalui televisi, media sosial, dan Alat Peraga Kampanye (APK), sedangkan publikasi kegiatan kampanye dilakukan di berbagai daerah. Dari keempat indikator tersebut, indikator place memberikan dampak paling efektif terhadap keberhasilan kampanye PSI pada Pemilu Legislatif 2024.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Political Parties, Elections, Campaign Strategy |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 07:04 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 07:04 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47126 |