THE CORRELATION BETWEEN SELF-EFFICACY IN LEARNING ENGLISH AND EFL STUDENTS' ACADEMIC ACHIEVEMENT

GHINA YUMNA LESTARI (2024) THE CORRELATION BETWEEN SELF-EFFICACY IN LEARNING ENGLISH AND EFL STUDENTS' ACADEMIC ACHIEVEMENT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (923kB)

Abstract

Efikasi diri mempunyai peranan yang besar dalam mempengaruhi keputusan dan tindakan siswa, yang pada akhirnya mempunyai hubungan dengan prestasi akademiknya. Demikian pula, memperoleh prestasi akademis sangat penting untuk mencapai keberhasilan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat efikasi diri siswa dalam belajar bahasa Inggris, (2) tingkat prestasi akademik siswa, dan (3) hubungan antara efikasi diri siswa dengan prestasi akademik siswa melalui desain penelitian korelasional. Jumlah populasinya adalah 95 siswa dan kemudian dalam penelitian ini sampel penelitian yang terlibat minimal 74 siswa dan peneliti mendapatkan 79 siswa sebagai sampel dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan berupa angket sebanyak 32 item dan dokumen untuk memperoleh IPK mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mempunyai tingkat efikasi diri “tinggi”, dengan nilai rata-rata sebesar 287,14. Mereka juga mempunyai prestasi akademik yang “tinggi”, dengan rata-rata IPK 3,49. Hasil temuan menunjukkan nilai signifikansi (p-value) sebesar 0,000 lebih rendah dari 0,05, artinya ada korelasi antara efikasi diri siswa dengan prestasi akademik. Kemudian kekuatan korelasi berada pada tingkat sedang dengan nilai korelasi Pearson (r-value) sebesar 0,411. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri siswa dengan prestasi akademik siswa. Jadi hipotesis alternatif (H1) diterima bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self-eficacy siswa dengan prestasi akademik siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Self-efficacy, Academic Achievement, Correlation, EFL students
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 26 Jul 2024 06:57
Last Modified: 26 Jul 2024 06:57
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47128

Actions (login required)

View Item
View Item