GHINA YUMNA LESTARI (2024) THE CORRELATION BETWEEN SELF-EFFICACY IN LEARNING ENGLISH AND EFL STUDENTS' ACADEMIC ACHIEVEMENT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (271kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (91kB)
Bab I.pdf
Download (102kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (157kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (213kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (217kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (88kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (106kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (221kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (260kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (923kB)
Abstract
Efikasi diri mempunyai peranan yang besar dalam mempengaruhi keputusan dan tindakan siswa, yang pada akhirnya mempunyai hubungan dengan prestasi akademiknya. Demikian pula, memperoleh prestasi akademis sangat penting untuk mencapai keberhasilan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat efikasi diri siswa dalam belajar bahasa Inggris, (2) tingkat prestasi akademik siswa, dan (3) hubungan antara efikasi diri siswa dengan prestasi akademik siswa melalui desain penelitian korelasional. Jumlah populasinya adalah 95 siswa dan kemudian dalam penelitian ini sampel penelitian yang terlibat minimal 74 siswa dan peneliti mendapatkan 79 siswa sebagai sampel dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan berupa angket sebanyak 32 item dan dokumen untuk memperoleh IPK mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mempunyai tingkat efikasi diri “tinggi”, dengan nilai rata-rata sebesar 287,14. Mereka juga mempunyai prestasi akademik yang “tinggi”, dengan rata-rata IPK 3,49. Hasil temuan menunjukkan nilai signifikansi (p-value) sebesar 0,000 lebih rendah dari 0,05, artinya ada korelasi antara efikasi diri siswa dengan prestasi akademik. Kemudian kekuatan korelasi berada pada tingkat sedang dengan nilai korelasi Pearson (r-value) sebesar 0,411. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri siswa dengan prestasi akademik siswa. Jadi hipotesis alternatif (H1) diterima bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self-eficacy siswa dengan prestasi akademik siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self-efficacy, Academic Achievement, Correlation, EFL students |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 06:57 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 06:57 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47128 |