YUANITA ARI LINTANG RAMADHANI (2024) THE USE OF COMIC STRIPS IN IMPROVING JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS' VOCABULARY SIZE: AN EXPERIMENTAL STUDY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (738kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (554kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (119kB)
Bab I.pdf
Download (487kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (474kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (736kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (550kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (475kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (503kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (348kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Komik strip merupakan media pembelajaran yang menarik dan aplikatif, terutama ketika mengajarkan kosakata bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan tingkat penguasaan kosakata siswa setelah diajarkan dengan menggunakan komik strip. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan desain pra-eksperimen. Sampel terdiri dari 36 siswa di salah satu sekolah menengah pertama di Yogyakarta, Indonesia sebagai kelompok eksperimen yang akan diajari jumlah kosakata bahasa Inggris menggunakan komik strip. Untuk mengumpulkan data, peneliti meminta para siswa untuk menyelesaikan tes jumlah kosakata melalui pretest dan posttest. Berdasarkan hasil pretest, siswa berada pada level yang baik, dan berdasarkan hasil posttest, siswa berada pada level yang sangat baik. Hasil analisis data dengan menggunakan aplikasi SPSS, yaitu Wilcoxon signed rank test, diperoleh nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,002. Nilai tersebut lebih kecil dari taraf signifikansi kritis (0,05). Peneliti mengajukan hipotesis alternatif (Ha) yaitu Terdapat perbedaan yang signifikan setelah diajar dengan menggunakan komik strip dalam meningkatkan perbendaharaan kosakata bahasa Inggris untuk siswa sekolah menengah pertama. Dapat disimpulkan bahwa pengajaran kosakata bahasa Inggris melalui media strip komik memiliki dampak yang signifikan terhadap siswa, ini berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | English vocabulary, teaching English, comic strips, vocabulary improvement |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 27 Jul 2024 06:15 |
Last Modified: | 27 Jul 2024 06:15 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47143 |