M IKHWAN AL BADAR (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF MELALUI METODE MY PHRASE NOTE PADA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG DI YGU. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (680kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (480kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (294kB)
Bab I.pdf
Download (663kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (277kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (237kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi penerapan metode pembelajaran My Phrase Note dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang dengan model kolaboratif di Yamanashi Gakuin University (YGU) serta tanggapan para partisipan terhadap metode pembelajaran ini. Tanggapan mencakup tujuan, dampak, kesan, kelebihan, dan kekurangan metode ini. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Partisipan ditentukan melalui teknik purposive sampling, terdiri dari 3 mahasiswa pertukaran asal Indonesia dan 2 orang dosen di YGU yang mengalami pembelajaran kosakata dengan My Phrase Note. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara mendalam dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data tematik. Berdasarkan analisis data, dihasilkan deskripsi dan tema-tema yang diinduksi menjadi jawaban penelitian. Penelitian ini menemukan bahwa 1) My Phrase Note merupakan metode pembelajaran dengan model kolaboratif yang efisien, menyinergikan strategi pembelajaran kosakata tidak langsung, serta membangun kognitif, metakognitif, afektif, dan sosial pemelajar; 2) Mahasiswa merasa metode ini menyenangkan, inovatif, dan efektif, kemudian setuju diterapkan di Indonesia walau merasa akan terdapat tantangan dan; 3) Dosen melihat bagaimana metode ini memudahkan dosen melalui efisiensi, kemudian merasa dapat diimplementasikan di Indonesia dengan menyesuaikan kebutuhan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Collaborative learning, teaching method, metacognitive, vocabulary, language learning, Japanese language, case study |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Jepang S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 27 Jul 2024 03:27 |
Last Modified: | 27 Jul 2024 03:27 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47169 |