English Teachers’ Perspective in Using Multimedia at Senior High Schools in Yogyakarta

INTAN DEWI FAUZIA (2024) English Teachers’ Perspective in Using Multimedia at Senior High Schools in Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (458kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan multimedia dalam proses pengajaran menjadi semakin umum pada beberapa tahun terakhir, hal ini dapat terjadi karena penggunaan multimedia dianggap mampu memberikan kualitas pengajaran yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi manfaat dan kendala penggunaan multimedia dari sudut pandang guru bahasa Inggris SMA di Yogyakarta dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di tiga SMA di Yogyakarta dengan melakukan wawancara terhadap empat orang guru bahasa Inggris sebagai partisipan. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara semi terstruktur dengan pertanyaan terbuka. Hasil penelitian menunjukkan ada lima manfaat yang diperoleh guru dari penggunaan multimedia, yaitu memotivasi siswa dalam belajar, mengembangkan kreativitas guru dalam mengajar, menjadikan pengajaran efektif, meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar, dan menjadikan pengajaran lebih menarik. Selain itu, penelitian ini mengidentifikasi kendala yang dihadapi guru dalam menggunakan multimedia, kurangnya keterampilan siswa dalam menggunakan multimedia, koneksi internet yang tidak stabil, kurangnya keterampilan guru dalam menggunakan multimedia, dan terbatasnya waktu mengajar. Penelitian ini menyoroti peran penting penggunaan multimedia dalam pengajaran bahasa Inggris yang diambil dari sudut pandang guru bahasa Inggris yang menawarkan wawasan berharga mengenai manfaat dan hambatan yang mereka hadapi ketika menggunakan multimedia dalam pengajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Multimedia in teaching, benefits of multimedia, obstacles in using multimedia, multimedia in English teaching
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 24 Aug 2024 04:04
Last Modified: 24 Aug 2024 04:04
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47183

Actions (login required)

View Item
View Item