ROSA NIRMALA FAUZIAH (2024) THE IMPLEMENTATION OF BILINGUAL PROGRAN AT ISLAMIC BOARDING SCHOOL OF MOJOKERTO IN DEVELOPING SPEAKING SKILL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (439kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (116kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (285kB)
Bab I.pdf
Download (543kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (455kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (337kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (450kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (321kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (458kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (389kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (426kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Menerapkan program bilingual penting untuk kelangsungan hidup mempersiapkan siswa menghadapi kesulitan global setelah terbebas dari masa penjajahan Jepang dan Belanda. Itu Bentuk perubahan yang dilakukan oleh sistem pendidikan di pesantren adalah melaksanakan program bilingual. Salah satu pesantren yang menerapkan bilingual programnya adalah Pondok Pesantren Mojokerto. Santri di pesantren Mojokerto memiliki kemampuan berbicara yang baik melalui program bilingual. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan program bilingual yang diterapkan keterampilan berbicara siswa secara Islami Pondok Pesantren Mojokerto, untuk mengetahui kendala penerapan bilingual program dan mengetahui strategi untuk mengatasi hambatan dalam penerapan Bilingual program dalam mengembangkan keterampilan santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Peserta dalam penelitian ini ada enam orang guru Pondok Pesantren Mojokerto yang bersedia menjadi diwawancarai. Temuan terkait program yang dilaksanakan untuk mengembangkan keterampilan berbicara adalah program bahasa harian dan bulanan. Program bahasa sehari-hari meliputi harihari bahasa Inggris, pengayaan kosakata, dan percakapan bahasa Inggris. Program bahasa bulanan meliputi muhadhoroh. Mengenai pertanyaan penelitian kedua, data mengungkapkan kendalanya yang dihadapi guru dalam melaksanakan program bilingual, kesulitan tutor dalam mengontrol siswa dalam waktu 24 jam dan kurangnya kesadaran penggunaan bahasa. Selain itu, mengenai yang ketiga pertanyaan penelitian, data mengungkapkan strategi yang digunakan guru untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan program bilingual seperti guru atau tutor memberikan reward dan hukuman kepada siswa, dan guru serta tutor memberikan motivasi. Tutor memotivasi, dan kemudian guru dan tutor selalu memantau dan mengevaluasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | implementation of bilingual program, boarding school, developing speaking skill |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 07:10 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 07:10 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47205 |