Konsep Pendidikan Moderasi Islam Menurut Buya Hamka

Anis Labib (2021) Konsep Pendidikan Moderasi Islam Menurut Buya Hamka. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (842kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (998kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah konsep pendidikan moderasi Islam menurut Buya Hamka. Masih banyak kesalah fahaman dalam memaknai konsep moderasi Islam sehingga berdampak kepada pemahaman agama yang sekuler, ektrim dan radikal. Wacana kekinian tentang paham agama yang sekuler, ekstrim dan radikal sangat gencar hingga masuk ke ranah pendidikan, dan sosial kemasyarakatan. Oleh karena itu, sebagai salah satu sumbangsih keilmuan dalam memahami konsep moderasi Islam, peneliti tertarik membahas lebih lanjut tentang konsep pendidikan moderasi Islam menurut Buya Hamka Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dengan data primer kitab Tafsir al-Azhar dan data sekunder buku-buku karangan Buya Hamka serta dilengkapi jurnal penelitian yang relevan. Adapun analisis data menggunakan metode analisis konten untuk mengetahui suatu konsep. Dengan demikian, hasil penelitian konsep pendidikan moderasi Islam menurut Buya Hamka berprinsip pada konsep ummatan wasat}an yakni umat pertengahan yang memiliki keseimbangan. Hal tersebut memberikan pengertian bahwa hendaknya umat Islam menjadi contoh, tauladan bagi umat-umat yang lain dengan sikap moderatanya dan dengan memegang teguh tauhid kepada Allah, I’tidal, Tawazun, S{idiq, Syaja’ah, al-Hikmah, Ukhuwah, serta menempuh jalan lurus.
Kata kunci: Pendidikan, Moderasi Islam, Buya Hamka

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 16 Dec 2021 06:39
Last Modified: 16 Dec 2021 06:39
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4721

Actions (login required)

View Item
View Item