FARRAH AUFA KHASANI PUTRI (2024) THE USE OF FLASHCARDS IN ENGLISH LANGUAGE TEACHING TO IMPROVE ELEMENTARY STUDENTS’ VOCABULARY LEVEL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (733kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (94kB)
Bab I.pdf
Download (1MB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (420kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (398kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (156kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (235kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (429kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (363kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Memperoleh kata-kata baru dalam bahasa Inggris merupakan tantangan tersendiri bagi para siswa karena pada umumnya mereka tidak menggunakan kata-kata tersebut dalam kehidupan sehari-hari yang didominasi oleh bahasa pertama mereka untuk berkomunikasi. Untuk memfasilitasi pembelajaran kosakata mereka, kartu flash adalah instrumen yang sangat berguna. Penelitian ini dilakukan untuk menguji tingkat kosakata bahasa Inggris siswa sekolah dasar sebelum dan sesudah diajarkan bahasa Inggris menggunakan flashcard dan perbedaan yang signifikan antara tingkat kosakata siswa sebelum dan sesudahnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra-eksperimen. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Objek penelitian ini adalah 23 siswa kelas empat di sebuah sekolah dasar swasta di Yogyakarta, Indonesia. Penelitian ini menemukan bahwa tingkat kosakata siswa berada pada tingkat menengah, karena rata-rata skor pre-test adalah 52,20 dan setelah perlakuan meningkat dari tingkat menengah ke tingkat mahir dengan skor rata-rata posttest adalah 77,60. Selain itu, terdapat peningkatan yang signifikan, seperti yang dianalisis menggunakan analisis Wilcoxon yang menunjukkan bahwa nilai asym.sig. 2tailed sebesar 0,001, yang berada di bawah 0,05 (0,001 < 0,05). Dapat dinyatakan bahwa hipotesis diterima karena terbukti ada perbedaan statistik yang signifikan antara kosakata siswa sebelum dan sesudah perlakuan dengan menggunakan flashcard.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | English language, Flashcards, Primary school, Vocabulary enrichment |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 06:53 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 06:53 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47214 |