PENGARUH PERSEPSI HARGA EMAS TERHADAP MINAT BERINVESTASI PADA PRODUK CICIL EMAS DI DIY DENGAN KESADARAN INVESTASI SYARIAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

WILMA NUR ADRIZAL (2024) PENGARUH PERSEPSI HARGA EMAS TERHADAP MINAT BERINVESTASI PADA PRODUK CICIL EMAS DI DIY DENGAN KESADARAN INVESTASI SYARIAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Literasi keuangan syariah dan minat berinvestasi syariah pada masyarakat masih relatif rendah karena minimnya pengetahuan dan kesadaran mengenai produk investasi syariah. Refleksi kesadaran masyarakat sudah banyak perubahan terutama berfokus pada refleksi gaya hidup dan budaya produktif yang menjadi arah tujuan kehidupan konsumtif. Investasi syariah di Indonesia juga masih kalah jauh dibandingkan dengan investasi non syariah, penyebab utamanya adalah kurangnya sosialisasi dari Perbankan Syariah maupun Lembaga Keuangan Syariah sehingga banyak masyarakat yang lebih mengenal investasi non syariah. Oleh karena itu, penelitian ini berusaha untuk menarik minat masyarakat untuk berinvestasi cicil emas, khususnya pada Pegadaian Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga emas terhadap minat berinvestasi pada produk cicil emas yang dimediasi oleh kesadaran investasi syariah pada Pegadaian Syariah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode probability sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan positif antara persepsi harga emas terhadap minat berinvestasi. 2) terdapat hubungan positif antara persepsi harga emas terhadap kesadaran. 3) terdapat hubungan positif antara kesadaran investasi syariah terhadap minat berinvestasi. 4) persepsi harga emas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi melalui kesadaran investasi syariah sebagai variabel intervening.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perception of gold prices, investment interest, awareness, Sharia investment
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 23 Aug 2024 03:59
Last Modified: 23 Aug 2024 03:59
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47226

Actions (login required)

View Item
View Item