WILMA NUR ADRIZAL (2024) PENGARUH PERSEPSI HARGA EMAS TERHADAP MINAT BERINVESTASI PADA PRODUK CICIL EMAS DI DIY DENGAN KESADARAN INVESTASI SYARIAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (371kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (220kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (165kB)
Bab I.pdf
Download (233kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (298kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (276kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (497kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (145kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (166kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (283kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (591kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Literasi keuangan syariah dan minat berinvestasi syariah pada masyarakat masih relatif rendah karena minimnya pengetahuan dan kesadaran mengenai produk investasi syariah. Refleksi kesadaran masyarakat sudah banyak perubahan terutama berfokus pada refleksi gaya hidup dan budaya produktif yang menjadi arah tujuan kehidupan konsumtif. Investasi syariah di Indonesia juga masih kalah jauh dibandingkan dengan investasi non syariah, penyebab utamanya adalah kurangnya sosialisasi dari Perbankan Syariah maupun Lembaga Keuangan Syariah sehingga banyak masyarakat yang lebih mengenal investasi non syariah. Oleh karena itu, penelitian ini berusaha untuk menarik minat masyarakat untuk berinvestasi cicil emas, khususnya pada Pegadaian Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga emas terhadap minat berinvestasi pada produk cicil emas yang dimediasi oleh kesadaran investasi syariah pada Pegadaian Syariah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode probability sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan positif antara persepsi harga emas terhadap minat berinvestasi. 2) terdapat hubungan positif antara persepsi harga emas terhadap kesadaran. 3) terdapat hubungan positif antara kesadaran investasi syariah terhadap minat berinvestasi. 4) persepsi harga emas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi melalui kesadaran investasi syariah sebagai variabel intervening.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perception of gold prices, investment interest, awareness, Sharia investment |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 03:59 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 03:59 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47226 |