DINAMIKA PERUBAHAN KURIKULUM DAN RESPON GURU PAI DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA

FELIA ZAHRANI (2024) DINAMIKA PERUBAHAN KURIKULUM DAN RESPON GURU PAI DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (706kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kurikulum dan respon guru PAI di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta menjadi atensi dalam mengembangkan standar atau kualitas pendidikan agama Islam. Kurikulum yang berubah ubah dapat memengaruhi respon guru PAI dalam, khususnya pada proses pengembangan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka dan respon guru PAI di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian adalah waka kurikulum dan guru PAI. Objek penelitian adalah SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data berasal dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1). SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta menerapkan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka. Penerapan dua kurikulum tersebut berdasarkan instruksi dari dinas sekolah. 2). Transisi kurikulum di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta berpengaruh pada respon guru PAI sehingga menyebabkan guru PAI mempunyai kualitas yang berbeda-beda. Guru PAI telah mengembangkan kompetensi guru dalam mengaplikasikan strategi maupun metode pembelajaran, misalnya dengan memanfaatkan teknologi digital.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Curriculum, Responses, PAI Teachers
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 01 Aug 2024 04:22
Last Modified: 01 Aug 2024 04:22
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47317

Actions (login required)

View Item
View Item