DINDA WAHYUNI (2024) PENGARUH KESIAPAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PRODI PAI ANGKATAN 2020 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (UMY). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (628kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (231kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (94kB)
Bab I.pdf
Download (128kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (167kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (182kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (453kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (16kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (144kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (326kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (341kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Guru adalah peran utama dalam membentuk kualitas generasi muda melalui tugas-tugas pendidikan mereka, yang mencakup membimbing, mendidik, melatih, mengajar, menilai, dan mengevaluasi peserta didik di berbagai tingkat pendidikan. Kualitas guru sangat berpengaruh dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dengan memenuhi empat aspek kompetensi guru yaitu pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional sangat penting untuk menunjang kesiapan menjadi seorang guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh kesiapan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap minat menjadi guru terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa jurusan PAI Angkatan 2020 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kausal yang menggunakan metode deskriptif (survey) dengan populasi sebanyak 116 orang dan sampel sebanyak 89 orang, pendekatan kuantitatif kausal merupakan pendekatan dalam penelitian yang mencari hubungan antar satu variabel dengan variabel lain yang memiliki sebab akibat. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling melalui purposive sampling. Dengan menggunakan teknik non probability sampling, proses pemilihan sampel tidak dilakukan secara acak. Data dianalisis secara deskriptif, normalitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, analisi regresi linear sederhana, uji R2. Hasilnya menunjukan bahwa penelitian ini menggambarkan bahwa kesiapan praktik pengalaman lapangan (PPL) memiliki dampak signifikan terhadap minat menjadi guru, yang telah dibuktikan dengan data dari Mahasiswa Prodi PAI Angkatan 2020 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa PPL dapat meningkatkan minat mahasiswa untuk berkarir sebagai guru, dengan R-Square sebesar 73,5%. Namun demikian, terdapat variabel lain yang juga mempengaruhi minat tersebut yang belum terungkap dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Readiness to become a teacher, interest in becoming a teacher, practical field practice |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 03:46 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 03:46 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47332 |