EFL TEACHERS' PERCEPTION ON THE USE OF BLENDED LEARNING IN POST-PANDEMIC ERA

SALSABILA ULFA AZZAHRA (2024) EFL TEACHERS' PERCEPTION ON THE USE OF BLENDED LEARNING IN POST-PANDEMIC ERA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Blended learning menjadi metode pembelajaran yang populer digunakan pada masa pandemi Covid-19 dengan memadukan dua metode pembelajaran yaitu daring dan luring. Saat ini, di era pascapandemi, blended learning masih digunakan karena berbagai alasan. Pemanfaatan blended learning masih digunakan pada salah satu Perguruan Tinggi Swasta Islam di Yogyakarta. Di beberapa sekolah atau universitas lain, blended learning masih digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan penerapan blended learning dan strategi penyelesaian tantangan blended learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini melibatkan lima partisipan yaitu Ibu There, Bapak Jose, Ibu Sophia, Ibu Nelly dan Ibu Julia. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara online dan offline. Penelitian ini dilakukan di Universitas Swasta Islam Yogyakarta dan alasan dipilihnya tempat tersebut sebagai lokasi penelitian karena para pengajar di universitas tersebut masih menggunakan blended learning. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa banyak tantangan dan strategi yang ditemukan dalam penggunaan blended learning. Tantangan yang ditemukan adalah dalam mengecek pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran, menghadapi teknologi dan platform pembelajaran baru, tantangan dalam memotivasi belajar siswa, memantau siswa dengan baik dan tidak dapat mengontrol penggunaan AI yang berlebihan dalam tugas siswa. Strategi yang ditemukan untuk mengatasi tantangan blended learning adalah dengan mengulang materi, mempelajari teknologi dan pembelajaran terkini, memberikan perhatian dan apresiasi untuk memotivasi siswa, melakukan pemantauan ekstra pada siswa dan ekstra pengecekan tugas siswa menggunakan detektor AI.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Blended learning, challenges, offline, online, strategies, post-pandemic
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:15
Last Modified: 31 Jul 2024 07:15
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47372

Actions (login required)

View Item
View Item