MOHAMMAD FADLIE SARJONO PUTRA (2024) PENGARUH KETERSEDIAAN PELAYANAN, KETERLIBATAN WARGA, RELIABILITAS PELAYANANAN TERHADAP KEPERCAYAAN MASYARAKAT ATAS LAYANAN E-GOVERMENT (STUDI KASUS MASYARAKAT PENGGUNA LAYANAN ONLINE PADA KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BANTUL 2023). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (601kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (617kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (125kB)
Bab I.pdf
Download (710kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (327kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (566kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (121kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (104kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (352kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (407kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Pelayanan publik merupakan salah satu aspek yang sangat penting bagi aparat negara sesuai dengan UUD 1945 pasal 4 yang bertujuan untuk menjaga seluruh warga negara indonesia dan mempromosikan kesejahteraan umum demi kemajuan pendidikam dan menjalankan tatanan global berdasarka prinsip-prinsip kemerdekaan,perdamaian abadi dan keadilan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan ketersediaan pelayanan, keterlibatan warga, dan reliabilitas pelayanan terhadap kepercayaan masyarakat pada layanan e-government dalam Untuk mendukung pelayanan publik berbasis elektronik di Kabupaten Bantul tahun 2023, Pemerintah pusat telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah No. 45 tahun 2021tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau yang kita kenal dengan SPBE adalah keluaran yang dihasilkan olehsatu (1) atau beberapa fungsi aplikasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dan yang memiliki nilai manfaat. Penyelenggaraan pemerintah yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu menggunakan Teknik simple random sampling dalam penelitian ini yang menunjukkan nilai keseluruhan indikator dari variabel reliabilitas pelayanan memiliki nilai rata- rata sebesar 3.51 dan variabel kepercayaan masyarakat atas layanan e-government juga memiliki nilai rata -rata indikator yang sama yaitu 3.51 yang dikategorikan dalam penggolongan kategori yang baik,sedangkan variabel ketersediaan pelayanan memiliki nilai rata-rata indikator sebesar 3.35 sedangkan variabel keterlibatan warga memiliki nilai rata – rata indikator sebesar 3.38 sehingga digolongkan dalam kategori cukup. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa variabel reliabilitas pelayanan (X3) yang memiliki nilai T-Statistics 34.926 dan nilai P Values sebesar 0.000 maka variabel reliabilitas pelayanan dinyatakan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepercayaan masyarakat atas layanan e-government (Y) yang dimana nilai nya sudah sesuai dengan standar yang ada.Kemudian pada Variabel ketersediaan pelayanan dan keterlibatan warga dinyatakan tidak memiliki pengaruh yang signifikan dikarenakan memiliki nilai TStatistik sebesar 1.617 dan 0.508 serta memiliki nilai P Values sebesar 0.106 dan 0.612 yang dimana nilai tersebut tidak sesuai dengan nilai standar yang sudah ditentukan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | service availability, citizen involvement, service reliability, public trust in egovernment services |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 04:05 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 06:44 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47401 |