FADHILAH MAWADAH (2024) EFL STUDENTS' PERCEPTION TOWARDS USING PADLET FOR COLLABORATIVE WRITING IN A LEARNING PROCESS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (74kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (559kB) |
Abstract
Padlet adalah alat pembelajaran digital yang memfasilitasi penulisan kolaboratif di antara siswa EFL, yang memungkinkan mereka untuk terlibat dalam kegiatan menulis dengan teman sebayanya sebagai media pembelajaran alternatif. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengeksplorasi persepsi siswa EFL dalam menggunakan Padlet untuk menulis kolaboratif dalam proses pembelajaran. Ada dua pertanyaan utama yang menjadi fokus penelitian: (1) Bagaimana persepsi mahasiswa EFL terhadap keuntungan penggunaan Padlet untuk menulis kolaboratif dalam proses pembelajaran? (2) Aktivitas apa saja yang dialami siswa EFL ketika menggunakan Padlet untuk menulis kolaboratif dalam proses pembelajaran? Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan menggunakan wawancara semi-terstruktur yang dilakukan di sebuah universitas Islam swasta di Yogyakarta. Enam peserta dari angkatan 2021 terlibat dalam penelitian ini.Peneliti ini menemukan delapan temuan mengenai keunggulan Padlet untuk menulis kolaboratif. Delapan temuan tersebut adalah mempromosikan kolaborasi, mendorong interaksi, meningkatkan kemampuan menulis, meningkatkan kreativitas, memperluas pengetahuan, meningkatkan kepercayaan diri, menghemat waktu, serta fleksibel dan mudah diakses. Selain itu, terkait dengan pertanyaan penelitian yang kedua, peneliti menemukan tujuh aktivitas Padlet untuk menulis kolaboratif, yaitu berbagi tautan, pengelompokan, curah pendapat, mengekspresikan ide, berbagi dan bertukar media pembelajaran, pengeditan, serta memberi dan menerima komentar.
Dosen Pembimbing: | Fitria Rahmawati, S.Pd., M.Hum. | NIDN0519108701 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | EFL students, Padlet, Collaborative writing |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 03:54 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 03:54 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47404 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |