FADHILAH MAWADAH (2024) EFL STUDENTS' PERCEPTION TOWARDS USING PADLET FOR COLLABORATIVE WRITING IN A LEARNING PROCESS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (212kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (202kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (87kB)
Bab I.pdf
Download (97kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (165kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (98kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (115kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (74kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (158kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (115kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (421kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (559kB)
Abstract
Padlet adalah alat pembelajaran digital yang memfasilitasi penulisan kolaboratif di antara siswa EFL, yang memungkinkan mereka untuk terlibat dalam kegiatan menulis dengan teman sebayanya sebagai media pembelajaran alternatif. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengeksplorasi persepsi siswa EFL dalam menggunakan Padlet untuk menulis kolaboratif dalam proses pembelajaran. Ada dua pertanyaan utama yang menjadi fokus penelitian: (1) Bagaimana persepsi mahasiswa EFL terhadap keuntungan penggunaan Padlet untuk menulis kolaboratif dalam proses pembelajaran? (2) Aktivitas apa saja yang dialami siswa EFL ketika menggunakan Padlet untuk menulis kolaboratif dalam proses pembelajaran? Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan menggunakan wawancara semi-terstruktur yang dilakukan di sebuah universitas Islam swasta di Yogyakarta. Enam peserta dari angkatan 2021 terlibat dalam penelitian ini.Peneliti ini menemukan delapan temuan mengenai keunggulan Padlet untuk menulis kolaboratif. Delapan temuan tersebut adalah mempromosikan kolaborasi, mendorong interaksi, meningkatkan kemampuan menulis, meningkatkan kreativitas, memperluas pengetahuan, meningkatkan kepercayaan diri, menghemat waktu, serta fleksibel dan mudah diakses. Selain itu, terkait dengan pertanyaan penelitian yang kedua, peneliti menemukan tujuh aktivitas Padlet untuk menulis kolaboratif, yaitu berbagi tautan, pengelompokan, curah pendapat, mengekspresikan ide, berbagi dan bertukar media pembelajaran, pengeditan, serta memberi dan menerima komentar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | EFL students, Padlet, Collaborative writing |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 03:54 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 03:54 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47404 |