HUDA NURMADA MEGANANDA (2024) ELED STUDENTS' PERCEPTION ON THE IMPLEMENTATION OF INDEPENDENT CAMPUS - COMPETITION PROGRAM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (320kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (372kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (55kB)
Bab I.pdf
Download (65kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (129kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (79kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (223kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (63kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (196kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (208kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (756kB)
Abstract
Pengangguran di kalangan lulusan baru telah mendapat perhatian yang signifikan di Indonesia. Permasalahan ini muncul karena adanya persepsi di kalangan pemberi kerja bahwa banyak lulusan baru yang masih kekurangan soft skill yang penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui soft skill yang diperoleh dari kegiatan Magang Industri dan Inkubasi Bisnis serta mengetahui tantangan yang terjadi selama mengikuti kegiatan Magang Industri dan Inkubasi Bisnis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta dan melibatkan enam mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (ELED) sebagai partisipan penelitian. Untuk mengumpulkan data, wawancara terbuka dilakukan. Hasilnya, temuan pertama menunjukkan soft skill yang diperoleh dari kegiatan Magang Industri dan Inkubasi Bisnis. Soft skill tersebut adalah komunikasi, berpikir kritis, berbicara di depan umum, manajemen waktu, kerja tim, empati, pemecahan masalah, kemampuan beradaptasi, dan kreativitas. Selain itu, temuan kedua menunjukkan tantangan yang terjadi selama mengikuti kegiatan Magang Industri dan Inkubasi Bisnis, yaitu: 1) Kurangnya pengetahuan awal pada bidang baru; 2) Tuntutan Adaptif; 3) Kendala Waktu; 4) Keterampilan Mentor dalam Membimbing; 5) Tantangan Berbicara di Depan Umum; (6) Menjaga Profesionalisme; (7) Kendala Jarak; (8) dan Menghasilkan Produk.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Soft skills, fresh graduates, internship, challenges |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 03:38 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 03:38 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47407 |