SATRIA GEMILANG (2024) PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB AYYUHA AL-WALAD DAN RELEVANSINYA TERHADAP GENERASI Z. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (367kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (222kB)
Bab I.pdf
Download (316kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (253kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (177kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (600kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (179kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (201kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (312kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (402kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Pendidikan akhlak yang dijadikan sebagai paradigma pendidikan saat ini seharusnya mampu merekonstruksi kehidupan yang lebih baik. Sehingga dalam hal ini mampu meredam dari adanya perluasan moralitas yang berkembang pada lingkungan masyarakat. Salah satu faktor terjadinya perilaku krisis moralitas dan akhlak tersebut indikasinya adalah masuknya era generasi Z yang mempermudah segala hal merambat ke dalam seluruh dunia pada umumnya baik elemen perkotaan maupun pedesaan. Dengan demikian dampaknya pada kaum remaja yaitu termanipulasi dengan sistemsistem perkembangan teknologi yang telah ada. Maka fenomena tersebut secara tidak langsung berakibat kepada karakter remaja yang melakukan perilaku destruktif antaranya kekerasan seksual, pencurian, konten pornografi, dan hyper medsos yang mengganggu mental remaja. Dampak dari semua gejala tersebut dapat kita telagah melalui nilai-nilai pendidikan akhlak di dalam kitab Ayyuhā al-Walad karya Imam alGazālī. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji serta menganalisis nilainilai pendidikan akhlak di dalam kitab Ayyuhā al-Walad karya Imam al-Gazālī. Termasuk bagaimana relevansinya pada dinamika pendidikan akhlak generasi Z. Maka dalam proses penelitian ini menggunakan pendekatan atau metode kualitatif dan termasuk library research kajian pustaka. Sedangkan untuk melakukan teknik pengumpulan data penelitian dan peneliti menggunakan metode analisis isi dengan dokumen, menelusuri sumber data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan akhlak Imam al-Gazālī bertujuan menggapai ridha Allah Swt. Sedangkan materi nilai-nilai pendidikan akhlak yang tercantum di dalam kitabAyyuhā al-Walad dapat diimplikasikan dan dapat direalisasikan dalam dinamika pendidikan akhlak generasi Z.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Education, Akhlak, Ayyuhā al-Walad, Generation |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 07:03 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 07:03 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47433 |