EFEKTIFITAS PEER EDUCATION DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TERKAIT PERILAKU SEKSUAL BERESIKO

ANGGUN PRAMESWARI KARTIKAPUTRI (2024) EFEKTIFITAS PEER EDUCATION DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TERKAIT PERILAKU SEKSUAL BERESIKO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (851kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang: Pengetahuan yang kurang pada remaja akan mempengaruhi sikap remaja sehingga berisiko melakukan perilaku seksual menyimpang. Peer education merupakan upaya yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja melalui teman sebaya terkait perilaku seksual berisiko. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas peer education dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja tentang perilaku seksual berisiko. Metode: Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental pretest-posttest with control group dengan responden berjumlah 32 yang dibagi menjadi 16 kelompok intervensi dan 16 kelompok kontrol dengan teknik simple random sampling. Nomor etik 030/EC-KEPK FKIK UMY/I/2024. Prinsip etik pada penelitian ini yaitu Informed Consent, Anonimity, Beneficience, dan Justice. Hasil: Hasil uji wilcoxone menunjukan terdapat perbedaan pengetahuan pada kelompok intervensi terkait perilaku seksual berisiko setelah diberikan peer education dengan p-value 0.005 (p<0,05), sedangkan pada kelompok kontrol tidak terdapat perbedaan pengetahuan dengan p-value 0,125 (p<0,05). Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan sikap pada kelompok intervensi setelah diberikan peer education dengan p-value 0,000 (p<0,05), sedangkan pada kelompok kontrol tidak terdapat perbedaan sikap dengan p-value 0,167 (p<0,05). Hasil uji Mann-whitney menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil posttest pengetahuan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol dengan p-value 0,031 (p<0,05), sedangkan pada sikap menunjukan hasil p-value 0,003 (p<0,05). Kesimpulan: Peer education efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja tentang perilaku seksual berisiko, sehingga dapat digunakan sebagai salah satu metode edukasi perilaku seksual berisiko.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peer Education, Adolescents, Risky Sexual Behavior, Risky Sexual Knowledge, Risky Sexual Attitudes
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 12 Aug 2024 06:05
Last Modified: 12 Aug 2024 06:05
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47458

Actions (login required)

View Item
View Item