FARAH NADHILAH (2024) DIFFERENCES IN THE USAGE OF ENGLISH LANGUAGE LEARNING STRATEGIES BETWEEN NATURAL SCIENCE & SOCIAL SCIENCE STUDENTS IN A HIGH SCHOOL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (443kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (111kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9kB)
Bab I.pdf
Download (29kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (252kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (227kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (250kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (12kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (253kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (188kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (332kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran yang paling umum digunakan oleh siswa IPA, strategi pembelajaran yang paling umum digunakan oleh siswa IPS, dan perbedaan antara siswa IPA dan siswa IPS. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif survei dan menggunakan kuesioner yang diadopsi dari Strategy Inventory for Language Learning (SILL) oleh Oxford. Penelitian ini diikuti oleh 192 siswa kelas XI, 98 siswa IPA, dan 94 siswa IPS. Ditemukan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara siswa IPA dan IPS dalam menggunakan strategi pembelajaran bahasa. Kedua jurusan tersebut menggunakan strategi metakognitif sebagai jenis strategi pembelajaran yang digunakan dengan rata-rata tertinggi pada siswa IPA sebesar 46,63 dan siswa IPS sebesar 46,65. Hal ini juga menunjukkan bahwa masing-masing strategi menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) diatas signifikansi alpha, strategi kognitif (0,292), strategi metakognitif (0,983), strategi kompensasi (0,129), strategi memori (0,482), strategi afektif (0,911), dan strategi sosial (0,669). Tanda tangan itu. (2-tailed) juga menunjukkan hasil uji t seluruh jenis strategi pembelajaran sebesar 0,663. Jadi, hasil penelitian tersebut membenarkan hipotesis nol (H0) yang menyatakan tidak terdapat perbedaan antara kedua kelompok dalam menggunakan strategi pembelajaran bahasa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | language learning, learning strategies, natural science, social science |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 10 Aug 2024 02:38 |
Last Modified: | 10 Aug 2024 02:38 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47503 |